Keren! RI Bangun Jalan Tol Tembus Terowongan Bawah Laut Rampung 2024
ilustrasi terowongan sebagai salah satu Inovasi teknologi pembangunan jalan tol di Indonesia. Foto : Dok Badan Pengatur Jalan Tol PUPR--
JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Banyak terowongan yang dibuat dalam proyek jalan tol RI, namun terowongan tol yang menembus bawah laut hanya ada di proyek jalan tol satu ini.
Topografi permukaan bumi Indonesia yang berbukit membuat banyak proyek jalan tol yang harus menembus lekukan permukaan bumi.
Di proyek Jalan Tol Trans Sumatera misalnya, beberapa ruas jalan tolnya memang harus menembus bukit karena Bukit Barisan di Sumatera terbentang dari Aceh hingga Lampung.
Ada terowongan ada modal, biaya pembangunan jalan tol yang menembus bukit biasanya sangat mahal.
Tol Padang-Pekanbaru misalnya, harus menggali Bukit Barisan dengan biaya hampir Rp9 Triliun. Belum lagi tol Lubuklinggau-Bengkulu juga melewati terowongan sepanjang 7 kilometer.
Namun dibalik terowongan yang berada di atas permukaan bumi, ternyata ada juga proyek jalan tol Indonesia yang mengharuskan menggali perut bumi, tepatnya menembus bawah laut.
BACA JUGA:Air Mata Manusia Rantai Menggali Terowongan Tambang Batu Bara Ombilin
BACA JUGA:Terjawab Sudah Alasan China Gali Lobang di Perut Bumi Sedalam 10 Kilometer Menembus Gurun Kematian
Dimanakah tol ini berada? Ternyata di Provinsi Kalimantan Timur. Terowongan bawah laut ini merupakan bagian dari proyek jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN).
Sebuah infrastruktur Jalan tol memang sedang disiapkan pemerintah untuk menghubungkan IKN agar connect dengan jalan tol yang sudah ada yaitu tol Balikpapan-Samarinda.
Proyek Jalan Tol IKN ini terdiri dari 6 segmen dan nantinya, salah satu segmen akan berada di bawah laut.
“Untuk di seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan," begitu kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dalam keterangan baru-baru ini.
Khusus di seksi 4 juga disediakan terowongan pendek berupa dua lintasan untuk satwa.
Bagaimana teknis konstruksinya? Terowongan bawah laut ini kata Hedy akan didahului dengan membuat pracetak di luar atau di darat dan tinggal instalasi di terowongan yang akan digunakan.
Sistem pracetak di luar ini katanya lebih efisiensi waktu di lokasi pekerjaan.
BACA JUGA:Negara Asia yang Punya Terowongan Bawah Laut, Nomor 3 Tetangga Sebelah RI
BACA JUGA:Akan Dibangun Jembatan Pulau Laut di RI, Saingan Jembatan Suramadu Panjangnya Ngeri Habis!
BACA JUGA:Kekayaan Bos Batu Bara Bayan Resources Terjun, Bos BCA Juara, Satu Perempuan Masuk Terkaya RI 2023
Saat ini tengah berjalan tiga segmen yaitu Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau 13,4 Kilometer, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung 7,32 Kilometer, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 Kilometer akan rampung akhir 2024.
Sementara itu seksi 1, seksi 5B dan seksi 6 akan dilakukan lelang pekerjaan pada tahun 2023 ini dan ditargetkan rampung tahun 2024.
BACA JUGA:Air Mata Manusia Rantai Menggali Terowongan Tambang Batu Bara Ombilin
Jalan tol ini nantinya akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke kawasan Inti IKN menjadi 30 menit dari sebelumnya 2 jam melalui Tol Balikpapan-Samarinda dan ditargetkan rampung akhir 2024. (dpc)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: