Negara Asia yang Punya Terowongan Bawah Laut, Nomor 3 Tetangga Sebelah RI

Negara Asia yang Punya Terowongan Bawah Laut, Nomor 3 Tetangga Sebelah RI

Ilustrasi terowongan bawah laut-Foto: estuniar-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Di Asia ada beberapa negara yang memiliki terowongan bawah laut, baik itu untuk jalan penyeberangan biasa maupun sambungan akses jalan tol. 

 

1. Negara Jepang

 

Negara maju Jepang tercatat memiliki dua jalan yang posisinya ada di bawah laut. Tentu saja ini adalah terowongan. 

 

Pertama adalah Terowongan Kanmon yang menghubungkan Pulau Honshu dan Kyushu yang berada di Kota Shimonoseki dan Kota Kitakyushu. 

 

Panjang Terowongan Kanmon adalah 3,46 Kilometer. Terowongan ini tak hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat namun juga untuk pejalan kaki, tersedia trotoar khusus pejalan kaki.

 

Terowongan ini dibangun dalam waktu yang cukup panjang, selama 21 tahun sejak tahun 1937–1958.

 

Kedua adalah Terowongan Tokyo Bay Aqua Line. Terowongan ini berada di bawah Teluk Tokyo. 

 

Tokyo Bay Aqua Line tak seutuhnya murni terowongan, karena dibangun dari perpaduan jembatan dan terowongan. Total panjangnya adalah 23,7 kilometer, 9 kilometernya adalah terowongan.

 

2. Negara Korea Selatan

 

Korea selatan memiliki setidaknya tiga terowongan bawah laut. Pertama adalah Terowongan Bawah Laut Boryeong. Panjangnya 6,9 kilometer menghubungkan Boryeong dengan Pulau Wonsan. 

 

Kemudian ada pula sebuah terowongan gabungan dengan jembatan yang berada di antara Busan dan Geoje. Cukup panjang karena terbentang sepanjang 3,2 meter di bawah laut.

 

Ketiga adalah Terowongan Tongyeong. Terowongan ini berada di bawah laut. Awal dibangun pada tahun 1932, terowongan ini khusus diperuntukkan bagi pengguna sepeda motor. 

 

Tak terlalu panjang, hanya 483 meter atau hampir 0,5 kilometer, kini Terowongan Tongyeong hanya khusus untuk pejalan kaki.

 

3. Negara Singapura

 

Singapura memiliki tol bawah laut bernama Marina Coastal Expressway (MCE).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: