Wow! RI Berhasil Temukan Cadangan Migas Baru di Lepas Pantai Balikpapan

Wow! RI Berhasil Temukan Cadangan Migas Baru di Lepas Pantai Balikpapan

RI memiliki banyak cadangan migas di lepas pantai-Foto: Dok Kementerian ESDM-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – RI melalui PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) berhasil menemukan migas di lepas pantai Balikpapan Kalimantan Timur

Penemuan baru (discovery) gas dan kondensat ini terjadi di sumur eksplorasi Adiwarna-1x di Wilayah Kerja (WK) Mahakam.

Menurut keterangan resmi Pertamina Hulu Enerdi, ini merupakan penemuan kedua bagi PHM setelah sebelumnya berhasil menemukan minyak dan gas pada sumur eksplorasi Manpatu-1X di awal tahun 2022.


Vice President Eksplorasi PHI, Sri Hartanto menjelaskan bahwa Adiwarna-1x adalah sumur eksplorasi di area South Mahakam di perairan lepas pantai Balikpapan yang merupakan sumur sinergi dengan sumur pengembangan Jumelai-105.

“Kedepannya diharapkan dapat dilakukan monetisasi yang lebih cepat dan mudah dengan menggunakan fasilitas lapangan terdekat yang sudah ada, yaitu Jumelai,” jelas Sri Hartanto. 

BACA JUGA:Belanda Pilih Hengkang Urus Migas Blok Masela, Tenang RI Masih Punya Jepang dan Malaysia

BACA JUGA:RI Obral Skema Bagi Hasil 50-50 ke Kontraktor WK Migas Resiko Tinggi Demi Dongkrak Investasi

BACA JUGA:BUMN China Lanjut Tancap Bor Migas Jambi Hingga 2043, Klaim Sudah Investasi Rp81,5 T di RI


Menurut Sri Hartanto pengeboran dimulai pada 17 April 2023 dengan menggunakan Rig Hakuryu-14 dan berhasil mencapai kedalaman akhir sumur 4290 MD meter pada tanggal  27 Mei 2023.

 
“Pengeboran sumur eksplorasi ini berhasil menemukan lapisan hidrokarbon gas dan kondensat pada interval U14 setara formasi Maruat. Keberhasilan pengeboran Adiwarna-1x ini membuka potensi baru (play opener) di area South Mahakam untuk target yang lebih dalam di area ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:Migas Blok Lemang Jambi Ditarget ‘Nyembur’ di Saluran Pipa Akatara Project pada Tahun 2024


Pjs. General Manager PHM, Ferico Afrinas menyampaikan komitmen PHM untuk terus menjalankan kegiatan operasi hulu migas yang selamat, efektif, dan unggul sehingga WK Mahakam dapat terus berkontribusi secara signifikan terhadap penambahan cadangan dan pencapaian target produksi migas nasional. 


Pelaksanaan pengeboran eksplorasi sumur Adiwarna-1x ini, menurut Ferico, dijalankan dengan kinerja HSSE yang tinggi, serta konsep operational excellence hingga dilakukannya uji alir pada tanggal 26 Juni 2023 dan berhasil mengalirkan gas serta kondensat dari reservoir target utama.

BACA JUGA:Target Lifting Migas RI Turun Tiap Tahun, Mulyanto: Loyo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: