Pabrik Batasi Terima TBS, Loading Ramp Tutup, Petani Makin Menjerit

Pabrik Batasi Terima TBS, Loading Ramp Tutup, Petani Makin Menjerit

--

MUARABULIAN, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Batanghari terus mengalami penurunan. Diketahui harga TBS di Pabrik saat ini Rp.1.650 per kilogram. Tidak hanya harga yang mengalami trend penurunan, pabrik juga membatasi TBS yang masuk.

Salah satu pemilik Loading Ramp Raden Jufri saat dikonfirmasi mengatakan bahwa saat ini Loading Ramp miliknya sudah ada yang tutup alias tidak lagi menerima TBS, hal ini dikarenakan Pabrik yang membatasi jumlah TBS yang masuk.

"Ramp milik saya sudah ada yang tutup, yang buka saya batasi sehari cuma 1 mobil atau 10 ton saja, hal ini dikarenakan Pabrik membatasi jumlah TBS yang masuk, bahkan saya dapat informasi ada pabrik di Kabupaten tetangga yang sudah tidak menerima buah lagi,"ujar Raden Jufri. Minggu (16/05).

Jufri mengakui bahwa dirinya tidak mau lagi mengalami kerugian yang terjadi sebelumnya. Karena dari itu dirinya berinisiatif untuk tidak menumpuk buah lagi. Ditingkat petani sendiri lanjutnya, buah pasti banyak yang tidak dibeli oleh para pengepul, karena sulitnya TBS untuk dijual lagi.

"Ditingkat petani otomatis buah menumpuk, bahkan ada petani buahnya yang tidak di panen, karena para pengepul dibawah kesulitan untuk menjual, karena dampak dari TBS yang dibatasi dari pabrik,"ujar Ketua PBSI Kabupaten Batanghari ini.(rza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: