Israel: Luas Wilayahnya Setengah Surabaya Jumlah Penduduk Mirip Lampung, Militernya? Ngeri

Israel: Luas Wilayahnya Setengah Surabaya Jumlah Penduduk Mirip Lampung, Militernya? Ngeri

Peta Palestina yang dirilis di situs resmi Kemenlu RI tidak mengakui adanya Israel. Kini Israel mengklaim negara di wilayah yang berwarna kuning muda yang ada di peta adalah negara mereka-dok kemlu.go.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Israel bukanlah negara besar, jika dilihat dari peta, tanah yang mereka caplok sebagai negara resmi mereka, luasnya tak sampai setengah Kota Surabaya.

Jika luas Kota Surabaya adalah 48.033 km persegi, maka wilayah yang diakui Israel sebagai negara mereka, kurang dari setengahnya, yaitu sekitar 22.072 kilometer persegi.

Jumlah penduduknya? Juga jangan pikir Israel punya penduduk yang banyak, jangankan provinsi Jawa Timur, jumlah penduduk Provinsi Banten saja mereka tak bisa saingi.

Negara Israel kini memiliki populasi sekitar 9,5 juta penduduk. Angka ini mirip dengan jumlah penduduk Provinsi Lampung yang kini berjumlah sekitar 9 jutaan.

Bisa dibayangkan, negara dengan luas segitu, jumlah penduduk hanya segitu, mampu menggemparkan dunia dan bahkan juga mampu menguasai berbagai sektor perekonomian di dunia.

Kekuatan Militer Israel

Melihat Israel yang memiliki alat tempur super canggih, penangkis roket Iron Dome yang terkenal, belum lagi tank perang dan senjata perang lainnya, banyak yang penasaran sebenarnya seberapa besar kekuatan Israel dalam bidang militer?

Ternyata, Israel yang jumlah penduduknya mirip Lampung itu masuk dalam jajaran militer paling kuat di dunia.

Sebuah Lembaga pemeringkatan militer tahunan bernama Global Firepower, bahkan memposisikan Israel pada peringkat ke 18 kekuatan militer pada tahun 2023.

Artinya Israel masih berada di atas negara-negara besar sekalipun sekelas Arab Saudi, Jerman maupun Spanyol.

Israel memiliki pengeluaran besar untuk militernya setiap tahun, mencapai USD 23,4 miliar untuk tahun 2022, atau jika dikonversi dalam rupiah saat ini sekitar Rp 371,4 Triliun.

Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm atau Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) bahkan menempatkan Israel sebagai negara dengan belanja pertahanan ‘per kapita’ terbesar di dunia setelah Qatar, jumlah penduduk kecil, belanja pertahanannya besar.

Bagaimana dengan kekuatan personilnya? Rupanya Israel memiliki angkatan bersenjata sebanyak 169.500 personel militer yang aktif.

Namun perlu dicatat, dibalik semua itu, ada pula tentara yang mereka sebut tentara cadangan dengan jumlah 465.000 tentara.

Tentu saja angka ini sangat besar untuk sebuah negara seukuran setengah Kota Surabaya.

Bayangkan, Indonesia dengan luas 5,3 Juta Kilometer persegi dan penduduk hampir 280 Juta Jiwa, menurut Situs Global Fire Power (GFP), hanya memiliki  jumlah personel militer aktif sekitar 400.000 personil dan, jumlah personel cadangan 400.000.

Kembali ke Angkatan militer Israel, selain jumlahnya yang banyak, pasukan militer Israel juga didukung dengan beragam fasilitas senjata dan fasilitas perang.

Israel memiliki 2.200 tank, 339 pesawat tempur dan punya 43 helikopter perang Apache, dan punya lima kapal selam.

Dari mana asal muasal alat-alat perang ini? Tentu saja salah satunya dari dukungan negara sekutunya yaitu Amerika Serikat (AS).

Amerika memandang Israel adalah juru kuncinya di Timur Tengah. Amerika percaya kekuatan militer Israel adalah kunci stabilitas di Timur Tengah, makanya tiada henti Amerika akan terus menyokong Israel sebagai ‘koncian’ mereka.  

Jangan kaget pula, menurut Layanan Penelitian Kongres AS, disebut bahwa Washington sangat rutin memberi Israel bantuan militer, bukan hanya sekarang, bahkan sejak tahun 1946.

BACA JUGA:Asal Mula Kaum Yahudi Hingga Terbentuk Negara Israel dan Menguasai Wilayah Palestina

Angkanya ngga kaleng-kaleng, lebih dari USD124 Miliar, menghitung pakai kalkulator, bisa eror kalkulator dibuatnya.

Tapi itulah adanya, Israel dan Amerika memang tak bisa terpisahkan. Mereka adalah soulmate, apa itu soulmate? is a person with whom one has a feeling of deep or natural affinity, untuk apa? ya untuk apa saja, di depan mata, terbaru, untuk menggempur Gaza. Ngeri! (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: