>

Menanam Padi Gogo Disela-sela Pohon Sawit

Menanam Padi Gogo Disela-sela Pohon Sawit

Ilustrasi Perkebunan Kelapa Sawit--

JAMBIEKSPRES.CO.ID - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mendorong praktik tumpangsari di kebun sawit dengan menanam padi gogo, sebagai upaya meningkatkan produktivitas lahan dan diversifikasi hasil pertanian yang berkelanjutan.

 

"Kita ingin perkebunan sawit bisa ditumpangsarikan dengan padi gogo. Kenapa karena ketahanan pangan dalam negeri itu di antaranya adalah padi dan sawit," kara Wamentan dalam keterangan di Jakarta, Kamis, dikutip dari Antara.

 

Menurut Wamentan kebun sawit dapat ditumpangsarikan dengan tanaman padi gogo untuk mendukung ketahanan pangan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi padi nasional.

 

Dia menyebutkan, Kementerian Pertanian menargetkan penanaman 500 ribu hektar padi gogo di lahan perkebunan sawit dan kelapa seluruh Indonesia.

 

"Langkah ini merupakan implementasi program kelapa sawit tumpang sari tanaman pangan atau yang biasa disebut Kesatria," ujarnya.

 

Sebelumnya, Sudaryono mengajak Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) untuk berfokus pada peningkatan produktivitas sawit nasional.

 

Menurut Wamentan, industri sawit memiliki peran strategis dalam menambah devisa negara dan menjadi lokomotif utama dalam pertumbuhan ekonomi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: