>

Harga Sawit di Riau Turun Jadi Rp 3.108,42 per Kg Ada Gara-garanya

Harga Sawit di Riau Turun Jadi Rp 3.108,42 per Kg Ada Gara-garanya

Tampak tumpukan TBS sawit di salah satu pengepul yang akan diangkut untuk dijual ke pabrik--

PEKANBARU, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Harga sawit Tandan Buah Segar (TBS) di Provinsi Riau turun Rp0,75/Kg atau 0,02 persen dari pekan sebelumnya, menjadi Rp 3.108,42 per Kilogram minggu ini ternyata ada gara-garanya.

 

Harga ini ditetapkan Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim untuk TBS sawit kelompok umur harga tertinggi sembilan tahun dan berlaku untuk satu pekan ke depan.

 

Kepala Disbun Riau, Syahrial Abdi, Selasa mengatakan, penurunan Harga TBS ini terjadi pada harga jual minyak sawit mentah (CPO) yang turun sebesar Rp3,76/Kg dibandingkan pekan lalu.

 

"Perubahan harga ini diharapkan tetap memberikan keseimbangan bagi petani dalam menghadapi dinamika pasar sawit di Riau," katanya.

 

Selain itu, lanjutnya untuk harga cangkang ditetapkan sebesar Rp22,50/Kg. Lalu harga penjualan kernel pekan ini ditetapkan sebesar Rp 9.612,66/Kg karena beberapa pabrik kelapa sawit (PKS) tidak melakukan penjualan.

 

Sebaliknya harga TBS kelapa sawit mitra plasma justru mengalami kenaikan seperti pada kelompok umur sembilan tahun sebesar Rp 36,28/Kg atau mencapai 1,14 persen dari harga minggu lalu.

 

Harga pembelian TBS petani plasma untuk satu pekan ke depan berada pada angka Rp 3.208,52/Kg.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: