UMKM Jambi Siap-siap Melejit Efek Kehadiran Rest Area Tol Jambi

UMKM Jambi Siap-siap Melejit Efek Kehadiran Rest Area Tol Jambi

Ilustrasi rest area. UMKM Jambi siap-siap ikut berkembang jika Tol Jambi mulai beroperasi-Foto: Dok Hutama Karya-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Siap-siap, produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Jambi harus ikut melejit efek dari kehadiran Tol Jambi.

Kenapa? Karena produk-produk UMKM Jambi bisa ambil bagian memasarkan produknya di rest area yang berdiri di sepanjang ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang ada di dalam wilayah Provinsi Jambi.

Apalagi, Presiden Joko Widodo melalui PP Nomor 17 Tahun 2021, tentang perubahan keempat atas peraturan pemerintah Nomor 14 Tahun 2005 tentang jalan tol, mewajibkan semua pengusaha jalan tol, mengalokasikan 30 persen lahan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) tol atau rest area, untuk UMKM.

Aturan ini berlaku untuk jalan tol yang telah beroperasi maupun dalam tahap konstruksi.

BACA JUGA:3 Kabupaten di Jambi Kena Iris Tol Jambi-Rengat, Nomor 2 Cuma 'Seuprit'

Cara Mendaftar Buka Kios

Mengutip dari keterangan resmi Hutama Karya, hingga saat ini persentase UMKM di rest area malah melebihi dari ketetapan pemerintah, telah mencapai 72 persen, sementara sisanya 28 persen baru diisi oleh non-UMKM.

BACA JUGA:Juli 2024, Padang-Sicincin dan Bayung Lencir-Tempino Sudah Fungsional

BACA JUGA:Tol Jambi-Betung Mengatasi Masalah ‘Menahun’ Jalinsum

Bagaimana cara memperoleh informasi terkait ini? Pelaku UMKM bisa berkoordinasi dengan dinas terkait di masing-masing wilayah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten, atau bisa langsung mencari informasi melalui pihak Hutama Karya selaku pengelola jalan Tol Jambi.

Terdekat, tol yang ditargetkan duluan beroperasi di Provinsi Jambi adalah seksi Tol Tempino-Bayung Lencir. Rencananya pertengahan 2024 ini mulai dibuka untuk masyarakat dan dalam rancangannya akan ada satu rest area di ruas tol ini.

BACA JUGA: Tol Pertama Jambi Kelar, Sektor Ekonomi Jambi Meroket

Lokasi Rest Area Tol Jambi

Tol Jambi akan memiliki 3 rest area yang akan berada di tiga desa yang ditetapkan sebagai lokasinya di Provinsi Jambi.

Rest area itu akan tersebar di ruas jalan tol Jambi-Betung (Sumsel) dan jalan tol Jambi-Rengat (Riau).

BACA JUGA:Ada 3 PR Sulit Menyelesaikan Tol Padang-Pekanbaru

Lokasi Rest area Tol Jambi – Betung akan berada di Sungai Bertam yang akan berdiri di antara ruas Tol Tempino-Bayung Lencir atau Tol Baleno.

Sementara di ruas jalan tol Jambi-Rengat sepanjang 116,5 kilometer akan berdiri dua lokasi yaitu rest area di Bukit Baling dan rest area di Tungkal Ulu.

BACA JUGA:Sudah 5 Tahun Lalu Lalang Lampung-Palembang 4 Jam Saja

BACA JUGA:Tol Jambi-Betung Mengatasi Masalah ‘Menahun’ Jalinsum

Rest area yang ada di jalan Tol Jambi akan penyediaan kios-kios bagi UMKM untuk mempromosikan produk dan kuliner lokal Provinsi Jambi

Di wilayah Sumatera tercatat ada 514 UMKM, beroperasi di Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar, dan Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang, Kayuagung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: