Sudah 5 Tahun Lalu Lalang Lampung-Palembang 4 Jam Saja

Sudah 5 Tahun Lalu Lalang Lampung-Palembang 4 Jam Saja

Tol Bakauheni–Terbanggi Besar memangkas perjalanan dari 12 jam menjadi 4 jam dari Lampung ke Palembang-Foto: Dok Kementerian PUPR-

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tak terasa kini sudah hampir 5 tahun masyarakat menikmati perjalanan Lampung-Palembang PP cukup 4 jam saja.

Jalan Tol Bakauheni–Terbanggi Besar adalah ruas tol terpanjang kedua di Indonesia 140,94 kilometer yang menhubungkan Pelabuhan Bakauheni (Kabupaten Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Kabupaten Lampung Tengah).

Dibangun dengan nilai investasi 16,7 triliun, jalan tol ini resmi dimulai pembangunannya pada 30 April 2015 dan diresmikan penggunaannya secara penuh pada 8 Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum ada tol ini, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Lampung ke Palembang butuh waktu 12 Jam lamanya di perjalanan menggunakan jalan lintas Sumatera.

Namun sejak Jalan Tol Bakauheni–Terbanggi Besar beroperasi,  perjalanan dari Lampung hingga Palembang hanya ditempuh lebih cepat dengan waktu perjalanan 3,5 jam hingga 4 jam saja.

"Kehadiran Jalan Tol ini tentunya sangat bermanfaat. Dengan adanya JTTS perjalanan menuju lokasi dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya dapat semakin cepat juga menghemat waktu dibandingkan dengan melewati jalan arteri," ujar salah pengguna jalan tol ini dikutip dari keterangan BPJT.

BACA JUGA:Ada 3 PR Sulit Menyelesaikan Tol Padang-Pekanbaru

Dari Lampung kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 140 Km, kemudian menyambung ke ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 Km, dilanjutkan ke ruas Kayu Agung - Kramasan sepanjang 42,5 Km di Palembang.

Dengan demikian Provinsi Lampung semakin terkoneksi dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan dan semakin menghemat waktu tempuh hingga 75%.

BACA JUGA:UMKM Jambi Siap-siap Melejit Efek Kehadiran Rest Area Tol Jambi

Efisiensi tersebut semakin memberikan kontribusi efisiensi waktu di perjalanan perjalanan dan bahan bakar kendaraan yang digunakan.

Hingga saat ini, 691 Km ruas Jalan Tol di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi, dan 481 Km sedang dalam tahap konstruksi.

Saat ini juga terdapat dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang di fungsionalkan untuk melayani arus mudik lebaran yakni Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 Km) dan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 Km) yang diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil atau Golongan I.

Sepanjang ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan Jalur B, dan ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan B, serta tambahan toilet sementara sebanyak 50 toilet. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: