3 Kabupaten di Jambi Kena Iris Tol Jambi-Rengat, Nomor 2 Cuma 'Seuprit'

3 Kabupaten di Jambi Kena Iris Tol Jambi-Rengat, Nomor 2 Cuma 'Seuprit'

Jalan Tol Trans Sumatera akan mengiris banyak daerah di Sumatera dengan cirikhas dan karakteristik yang berbeda-beda-Foto: Dok BPJT Kementerian PUPR-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dalam perencanaannya,  akan ada 3 kabupaten yang kena iris Tol Jambi-Rengat  di wilayah Provinsi Jambi.
 
Irisan itu akan membelah desa-desa di 3 kabupaten tersebut, nantinya ruas Tol Jambi-Rengat akan menembus hingga ke perbatasan Provinsi Jambi dan Provinsi Riau.

Kepastian 3 kabupaten ini terdampak proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini, juga telah dibuktikan dengan penetapan lokasi (Penlok) pengadaan tanah untuk pembangunan Tol Jambi-Rengat.

Asisten I Provinsi Jambi terdahulu, Apani Saharuddin juga sempat membahas lokasi ruas tol ini dengan tim pengadaan lahan tol di wilayah Provinsi Jambi.

Kabar baiknya, lokasi-lokasi ruas tol ini tidak ada perubahan antara penlok dan perencanaan awalnya. Masih tercatat bahwa 3 kabupaten di Provinsi Jambi ini akan teriris ruas JTTS.

Total panjang ruas Tol Jambi-Rengat nantinya 198 kilometer, dimana 116,5 kilometernya akan berada di wilayah Provinsi Jambi, sementara sisanya 81,5 kilometer berada di Provinsi Riau.

Berikut nama kabupaten yang terdampak Tol Jambi-Rengat di wilayah Provinsi Jambi

1. Kabupaten Muaro Jambi

Kabupaten ini memang paling banyak ketiban ruas JTTS. Tak hanya tol Jambi-Rengat, namun tol Jambi-Betung, keduanya sama-sama terkoneksi nantinya.

Khusus Tol Jambi-Rengat di Kabupaten Muaro Jambi, aka nada dua kecamatan yang akan diiris, yaitu Kecamatan Jaluko dan Kecamatan Sekernan.

Di Kecamatan Jaluko, Tol Jambi-Rengat akan menempuh Desa Danau Sarang Elang, Desa Pijoan dan Desa Pematang Jering.  
Sedangkan di Kecamatan Sekernan, tol akan melewati Desa Tan-tan, Desa Rantau Majo, Desa Gerunggung, Desa Bukit Baling dan Desa Suko Awin Jaya.

2. Kabupaten Batang Hari

Kawasan Kabupaten Batanghari juga akan ketiban irisan ruas Tol Jambi-Rengat. Dalam perencanaannya, memang tak banyak kecamatan dan desa yang dilalui, mungkin hanya seuprit dibanding 2 kabupaten lainnya.
 
Dan kawasan yang akan dilalui JTTS di Kabupaten Batanghari posisinya juga tak jauh dari kabupaten tetangganya yaitu Kabupaten Muaro Jambi.

Adapun kecamatan yang akan ditembus Tol Jambi-Rengat di Batanghari yaitu Kecamatan Pemayung tepatnya di Desa Selat.

3. Kabupatan Tanjab Barat

Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) akan menjadi kabupaten yang paling panjang diiris oleh proyek JTTS.

Kabupaten ini merupakan daerah yang akan berbatasan langsung dengan Provinsi Riau tepatnya di Kabupaten Rengat.

Ada 4 kecamatan yang akan diiris Tol Jambi-Rengat di daerah ini. Diantaranya yaitu Kecamatan Muara Papalik yaitu desa Dusun Mudo.

Kemudian ada Desa Kuala Dasal, Desa Pelabuhan Dagang, Desa Brasau dan desa Taman Raja di Kecamatan Tungkal Ulu.

Tol juga akan menembus Desa Teluk Pengkah di Kecamatan Tebing Tinggi, serta mengiris Desa Rawa Kempas di Kecamatan Batang Asam.

Demikianlah daerah-daerah yang akan ditembus proyek JTTS, menghubungkan Provinsi Jambi dan Provinsi Riau nantinya.
 
Tol ini sampai Januari 2024 memang belum ada progres bahkan belum dimulai pembangunannya, karena pemerintah masih akan fokus menyelesaikan terlebih dahulu Tol Jambi-Betung dan proyek strategis nasional lainnya.

Namun dalam banyak kesempatan, pemerintah memastikan pembangunan tol ini pasti akan dilanjutkan, mengingat Tol Jambi-Rengat merupakan backbone JTTS yang harus tersambung, sesuai perencanaannya sejak awal. Semoga saja. (dpc)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: