Tol Pasuran – Probolinggo ‘Tergadai’ 50 Tahun, Sebentar Lagi Gerbang Nembus Gending Dibuka

Tol Pasuran – Probolinggo ‘Tergadai’ 50 Tahun, Sebentar Lagi Gerbang Nembus Gending Dibuka

Jalan Tol Trans Jawa ruas Pasuruan-Probolinggo -Foto: Dok Kementerian PUPR-

PROBOLINGGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tol Pasuruan-Probolinggo merupakan proyek pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang ‘tergadai’ selama 50 tahun.


Tol ini dipegang konsesinya oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (TPJT) selama 50 tahun sejak tahun 2017 lalu hingga tahun 2067 mendatang.


Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo yang yang merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa ini akan dikelola oleh TPJT sepanjang 43.75 Kilometer yang akan mendekatkan jarak tempuh dari Pasuruan hingga Gending.


TPJT dimiliki sepenuhnya oleh Waskita Karya. Tahun 2015 lalu, Waskita Karta Road (WTR) melalui anak perusahaannya PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR) secara resmi mengakuisisi TPJT.

BACA JUGA:Ini Nama Perusahaan Swasta yang Kuasai 51 Persen Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo

BACA JUGA:Pembangunan Exit Tol dan Simpang Susun Kraksaan Dikebut, Begini Update Terkini Tol Probowangi


Jadi saat ini 99,99 persen saham TPJT dimiliki oleh WTTR dan 0,01% dimiliki oleh Koperasi Waskita.


Pembangunan tol ini telah dimulai sejak tahun 2016 lalu, dimana 31,3 kilometernya yaitu dari Gratis-Probolinggo Timur telah resmi beroperasi tahun 2019 lalu. Sisanya 12,45 Km Probolinggo Timur – Gending tak lama lagi juga akan mulai beroperasi.

BACA JUGA:Sosok Legendaris Pencetus Ide Jembatan Suramadu Sejak 73 Tahun Lalu


Nilai investasi untuk pembangunan tol ini sebesar Rp6,36 triliun dan biaya konstruksi sebesar Rp4,90 triliun.


Dan selangkah lagi gerbang Tol Probolinggo Timur–Gending nembus Gending akan segera dibuka, alias mulai beroperasi, hal ini menyusul dengan selesai dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) di ruas ini.


Artinya, tak lama lagi, selangkah lagi, tol ini akan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang bermakna, gerbang tol ini siap dibuka untuk masyarakat umum.

BACA JUGA:Tarif Tol Pasuruan - Probolinggo Agustus Momen HUT RI 2023


PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya PT Transjawa Paspro Jalan Tol (TPJT) juga telah bekerja keras memastikan semua spesifikasi yang dipersyaratkan bisa terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: