Ini Beda Rasa Naik Tol Probolinggo Timur-Gending Waktu Lebaran dan Sekarang, Catat Jadwal Tarif Rp0,-

Ini Beda Rasa Naik Tol Probolinggo Timur-Gending Waktu Lebaran dan Sekarang, Catat Jadwal Tarif Rp0,-

Tol Probolinggo Timur-Gending beroperasi secara fungsional sejak 17 Agustus hingga 4 September 2023.-Foto: Tangkap Layar Youtube Sunarwan-

PROBOLINGGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Lewat Tol Probolinggo Timur-Gending sekarang dengan lewat saat Lebaran kemarin dirasa berbeda oleh pengendara.

Tol seksi 4 Leces-Gending yang dibuka secara fungsional dalam rangka HUT RI ini mengalami banyak perubahan sekarang.

Salah satu pengendara, Sunarwan mengatakan, ia termasuk orang yang ikut menggunakan Tol Probolinggo Timur-Gending saat dibuka fungsional lebaran lalu, dan ia merasakan beberapa perbedaan saat ditempuh sekarang.

Sekarang tol ini telah dilengkapi dengan rambu-rambu yang lengkap. “Sangat beda sekali, sekarang jelas petunjuk arahnya, lebaran lalu tidak lengkap,” ujarnya dikutip dari akun youtube Sunarwan.

Kemudian waktu Lebaran lalu,  pagar pembatas di pinggir jalan tol atau guard rail juga banyak yang belum dipasang,  namun sekarang sudah terpasang. “Dan tertata dengan rapi,” ujarnya lagi.

Sunarwan mengaku Tol Probolinggo Timur-Gending ini memang sudah layak operasi.

Hanya saja, rest area Tol Probolinggo Timur-Gending ini belum mulai dibangun. “Masih ditutup rest areanya gaees, belum jadi apa-apa,” ujarnya menunjukkan tanah datar yang masih kosong.

Sunarwan berkendara menggunakan kecepatan 90 kilometer per jam, ia merasakan kehalusan jalan tol ini dan sangat nyaman. “Tidak bergelombang ini, masih baru mungkin,” ujarnya.

Saat ia mencoba jalan tol ini pada 17 Agustus 2023 kemarin, terbilang masih sangat sepi.

Penyebabnya mungkin karena saat ia mengambil gambar orang masih upacara bendera atau juga karena masih baru jadi belum banyak yang tahu bahwa tol ini sudah beroperasi.

“Sepi sekali, tidak ada mobil yang kita salip dari tadi,” ujarnya lagi.

Ia juga memperlihatkan sekilas video proses pembangunan jalan tol arah ke Banyuwangi. “Masih dikerjakan,” lanjutnya lagi.

Tol Probolinggo Timur-Gending memang resmi operasi secara fungsional dengan tarif Rp0,- alias gratis.

Pengelola Tol Probolinggo-Gending akan menggratiskan tol ini hingga 4 September 2023.

Manager Pelaksana Trans Jawa Paspro, Vippi Hadiyanto mengatakan pembukaan tol dimulai dari exit tol Probolinggo Timur di Kecamatan Leces hingga di exit tol Gending.

Total Panjang tol ini adalah 8,5 kilometer itu. Tujuan membuka secara fungsional kata Vippi sekaligus untuk sosialisasi hingga nanti resmi beroperasi dan berbayar.

BACA JUGA:Ini Bank yang Kucurkan Kredit Rp1,34 Triliun untuk Tol Semarang-Demak, Ada dari Riau dan Sumut

Posisi konstruksi tol ini kata Vippi telah 100 persen dan memang sudah siap dilintasi oleh mobil baik yang roda empat maupun lebih.

Meski gratis namun Vippi menghimbau pengendara tetap menggunakan kartu tol elektroniknya untuk discan.  

Ia juga mengimbau pengguna tol tetap taat dengan aturan lalu lintas dan berhati-hati berkendara selama15 hari pembukaan fungsional Tol Paspro Leces-Gending hingga 4 September besok. (dpc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: