Ini Nama Perusahaan Swasta yang Kuasai 51 Persen Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo

Ini Nama Perusahaan Swasta yang Kuasai 51 Persen Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo

Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo terus dikebut penyelesaiannya-Foto: Dok Kementerian PUPR-

YOGYAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Konsorsium yang telah ditetapkan pemerintah sebagai pemegang proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo ada empat.

Yaitu PT Daya Mulia Turangga, PT Gama Group, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Sementara itu PT Jogjasolo Marga Makmur (PT JMM) merupakan pemenang lelang dari rencana pembangunan tol ruas Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo.

PT JMM adalah badan usaha pengatur jalan tol yang dibentuk berdasarkan hasil konsorsium dari empat perusahaan tadi.

Detail kepemilikan masing-masing perusahaan yakni 2 perusahaan swasta PT Daya Mulia Turangga dan PT GAMA Group sebesar 51 persen saham.

BACA JUGA:Makjos! Tol Yogyakarta-Solo Mulai Disambung ke Tol Yogyakarta-Semarang, Ini Lokasi Pengganti Exit Tol Colomadu

BACA JUGA:Kalau Tol Solo-Yogyakarta Rampung, Orang Surabaya 3.5 Jam Bisa ke DIY Langsung Kuliner Makan Gudeg Yu Djum

PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 25 saham, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. sebesar 24 saham.

PT JMM yang bertugas membangun dan mengelola proyek pembangunan ruas Tol Solo- Yogyakarta-YIA Kulon Progo.

Dikutip dari situs resmi www.jsmm.co.id, Direktur Utama PT JMM, Adrian Priohutomo mengatakan dalam perjanjian pihaknya akan melaksanakan pengusahaan Jalan Tol, Perjanjian Penjaminan Proyek, dan Perjanjian Regres untuk pekerjaan proyek pembangunan ruas Tol Solo- Yogyakarta-YIA Kulon Progo.

BACA JUGA:Belum Hilang Merinding di Lawang Sewu, 1,5 Jam Naik Tol Semarang-Yogyakarta Gemetaran Lagi di Benteng Vredebur

BACA JUGA:RI Sudah Merdeka Jangan Tertipu Pinjol Ilegal, Cek Ini Daftar Pinjol Berizin OJK 2023

Katanya pengusahaan ini adalah sinergi yang dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – BPJT KemenPUPR, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia – PT PII serta PT Jogjasolo Marga Makmur,” ujarnya.

Proyek jalan Tol Solo- Yogyakarta-YIA Kulon Progo dikerjakan di dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Tengah  sepanjang 35,64 km dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang 60,93 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: