2024 Orang Jakarta Nonton MotoGP Naik Tol Trans Jawa Semalam Sampai di Mandalika

2024 Orang Jakarta Nonton MotoGP Naik Tol Trans Jawa Semalam Sampai di Mandalika

Tahun ini, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah ajang balap motor kelas dunia. Tahun depan ke Mandalika orang Jakarta sudah bisa naik tol semalam sampai-Foto: Dok Kemenparekraf-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tahun 2024 pemerintah menargetkan Jalan Tol Trans Jawa akan tersambung dari Banten, Jakarta hingga ke Probolinggo dan Besuki.

Artinya, tahun 2024 orang Jakarta atau siapa saja yang dari Jakarta bisa nonton MotoGP naik Jalan Tol Trans Jawa semalam bisa sampai di Mandalika Lombok.

Pernahkah terbayang sebelumnya, berangkat dari Jakarta eh taunya sudah sampai saja di Sirkuit Mandalika.

Seperti kita ketahui, Sirkuit Mandalika yang ada di Nusa Tenggara Barat saat ini sangat populer di dunia, Sirkuit Mandalika juga disebut-sebut sebagai salah satu sirkuit terindah di jagat bumi.

Berikut itinerary perjalanan dari Jakarta ke Mandalika naik Jalan Tol Trans Jawa yang mungkin bisa dijadikan panduan perjalanan kita semua di tahun 2024.

Awal perjalanan akan dimulai perjalanan dari Jakarta melalui gerbang tol mana saja yang terdekat.

Ikuti terus jalan Tol Jakarta- Cikampek dengan perjalanan kurang lebih selama 1 jam dengan kecepatan standar cukup 80 km per jam dengan panjang tol yang ditempuh mencapai 73 Kilometer.

Dari Cikampek nanti bisa langsung lanjutkan perjalanan ke Semarang melalui Jalan Tol Trans Jawa Cikampek-Semarang dengan panjang 288 Kilometer. Cukup habiskan waktu tempuh sekitar 3,6 jam saja.

Nantinya kita akan melewati beberapa nama jalan tol,  mulai dari Tol Cikampek-Palimanan, Tol Pejagan–Pemalang, Tol Pemalang–Batang hingga nanti ketemu Tol Batang-Semarang.

Welcome to  Semarang! Di Semarang kitab isa lanjutkan kembali perjalanan dengan naik Tol Semarang-Solo dalam waktu 50 menit untuk jarak 72,64 Kilometer.

Sampai di Solo. Ayo langsung ke Mojokerto menempuh tol Solo-Mojoketo dengan panjang 177,12 waktu tempuhnya hanya 2,5 jam.

Saat dari Solo ke Mojokerto, nanti kita  akan melewati beberapa ruas, diantaranya ruas Tol Solo-Ngawi, Tol Ngaswi-Kertosono dan kemudian Tol Kertosono – Mojokerto.

Sampai di Mojokerto perjalanan akan dilanjutkan ke Probolinggi melalui Tol Mojokerto - Surabaya 36,27 km, Tol Surabaya – Gempol  48,85 km, Tol Gempol - Pasuruan: 34,50 km dan nanti akan bertemu ujung Jalan Tol Trans Jawa yaitu Tol Pasuruan - Probolinggo  sepanjang 31, 30 km.

Kita bisa hitung, dari Mojokerto ke Probolinggo panjang150,85 kilometer waktu tempuhnya hanya 2 jam perjalanan.

Kemudian dari Probolinggo, kita menempuh ruas tol yang paling segar, karena sekarang masih dalam tahap konstruksi dan ditarget rampung dan tersambung tahun 2024 yaitu Tol Probolinggo-Besuki dengan panjang bentang 49,68 Km, waktu tempuhnya sekitar 35 menit saja.

Goodbye Tol Besuki, saatnya kita lanjutkan perjalanan menuju pelabuhan via jalan nasional ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar 110 Km, 1 jam perjalanan saja jika sedang tidak macet.

sampai juga kita di Pelabuhan Ketapang, yuk tinggal urus segala perlengkapan penyeberangan ke Lombok.

Tentu saja menyeberang ke Lombok saat ini dari Banyuwangi kian nyaman.

Ada beberapa kendaraan penyeberangan diantaranya PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang punya kapal feri dari Banyuwangi-Lombok yang siap membawa kita ke Pelabuhan Lembar di Lombok, bagi yang bawa mobil ke seberang, mobilnya akan naik sekalian.

Laut yang akan diseberangi nanti panjangnya sekitar 200 kilometer dengan waktu selama kurang lebih 12 jam.

Apabila berangkat dari Jakarta pukul 04.00 WIB pagi hari, diperkirakan pukul 16:00 sore sudah sampai di Pelabuhan Ketapang.

Dan di kapal, kitab isa istirahat sampai bsok pagi pukul 05.00 atau pukul 06.00 pagi sudah mendekati daratan Lombok.

Ketika matahari mulai bersinar, saat itu pula kita sampai di Pelabuhan Lembar Lombok.

Dan akhirnya! kita lanjutkan berkendara menuju Sirkuit Mandalika! Jaraknya tak terlalu jauh, sekitar 21 kilometer atau berkendara sekitar 30 menit.
 
Keren sekali, Tol Probolinggo di Jawa Timur nanti bakal memberi dampak besar bagi masyarakat di Pulau Jawa, juga bagi pulau tetangganya, seperti Bali dan Lombok.

Tol Probolinggo-Besuki ditarget rampung tahun 2024 dan siap membawa Orang Jakarta nonton MotoGP di Mandalika, cukup semalam saja perjalanan. (dpc)






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: