Jika Tol Pekanbaru-Padang Finish Orang Malaysia Bisa ke Gunung Kerinci Sehari Sampai Singgah di Bukittinggi

Jika Tol Pekanbaru-Padang Finish Orang Malaysia Bisa ke Gunung Kerinci Sehari Sampai Singgah di Bukittinggi

Jarak Malaka Malaysia kian dekat dengan Gunung Kerinci jika Tol Pekanbaru-Padang rampung--


Alhamdulillah, sampai juga kita di kaki Gunung Kerinci. Sampai di sini, kita akan langsung dimanjakan oleh pemandangan hamparan kebun teh terluas se Asia tenggara sekitar 2.000 hektar , sangat keren.


Dan tak lupa, di sini lah kita akan melihat langsung keagungan ciptaan Tuhan bernama Gunung Kerinci, gunung tertinggi di Pulau Sumatera.


Begitu dekatnya Malaysia dan Kerinci, kita asumsikan: berangkat dari Malaka Malaysia pukul 05.00 pagi, maka sekitar jam 6.00 sore kita sudah bisa berada di kaki Gunung Kerinci.


Berisitirahat, cari penginapan yang cantik pemandangannya, jadi bisa menikmati seduhan hangat Teh Kayu Aro sambil menunggu matahari tenggelam.

BACA JUGA:Makam-makam di Tengah Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Nomor 1 Usia 18 Abad, No 4 Ngeri Ada Ribuan!

BACA JUGA:Jika Terjadi ‘Apa-apa’ dengan Gunung Kerinci, Segini Luas Kebun Teh Warisan Belanda yang Ikut Terdampak


Malam telah tiba, saatnya berisitirahat, esok kita bisa mulai lagi melanjutkan kunjungan, melihat destinasi Kerinci, apakah mau mendaki Gunung Kerinci, atau sekedar memandang tingginya gunung Kerinci dari balik kebun teh Kayu Aro atau ingin mengunjungi spot wisata Kerinci lainnya yang sangat banyak dan cantik.


Berikut rangkuman perjalanan dari Malaysia ke Gunung Kerinci via Tol Padang-Pekanbaru.
1. Malaka ke Dumai (Naik Feri) 2 jam
2.Tol Dumai-Pekanbaru : 2 jam
3. Tol Pekanbaru-Bukittinggi : 2 Jam
4. Singgah di Bukittinggi: 2 Jam
3. Tol Bukittinggi-Padang : 1 jam
4. Kota Padang-Gunung Kerinci : 6 jam (Jalan Nasional)

 


Perkembangan Tol Pekanbaru-Padang

Direktur Operasi III, Koentjoro, menjelaskan pembangunan jalan Tol Padang - Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang signifikan. “Dari total enam seksi, Hutama Karya telah mengoperasikan jalan tol seksi Pekanbaru - Bangkinang pada bulan September 2022 dan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada bulan Januari 2023 lalu. Selain itu, jalan tol Bangkinang - Koto Kampar dan Seksi Padang - Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana,” ujar Koentjoro.


Lebih rinci, per Mei 2023, progres konstruksi jalan tol Bangkinang - Koto Kampar sepanjang 24,7 km telah mencapai 75,13% untuk pengerjaan konstruksi dan 90,72% untuk progres pengadaan lahan.


Selain itu, progres pengadaan lahan jalan tol Seksi Padang - Sicincin dengan panjang mencapai 36,6 km sudah mencapai 85,82% , dengan progres konstruksi mengalami kemajuan mencapai 36,57%.


Sementara itu, 3 (tiga) seksi jalan tol Padang - Pekanbaru lainnya, Sicincin - Bukittinggi, Bukittinggi - Payakumbuh, dan Payakumbuh - Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan JTTS.


Sementara, akselerasi progres pengadaan lahan khususnya di jalan tol Seksi Padang - Sicincin dilakukan dengan sejumlah strategi seperti berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah, Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai Panitia Pengadaan Tanah (P2T), dan Tim Percepatan yang diketuai oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Pemerintah Kab. Padang Pariaman, serta stakeholder lainya terkait dengan percepatan pengadaan tanah di lokasi-lokasi prioritas untuk dikerjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: