Tol Riau Berpeluang Pecah Telur Terkoneksi Duluan, Tol Jambi Sumbar dan Bengkulu Mohon Banyak Sabar

Tol Riau Berpeluang Pecah Telur Terkoneksi Duluan, Tol Jambi Sumbar dan Bengkulu Mohon Banyak Sabar

Provinsi Riau berpotensi menjadi provinsi pertama yang terkoneksi Jalan Tol Trans Sumatera-Foto: Dok Hutama Karya-

PEKANBARU, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tol Riau berpotensi pecah telur terkoneksi duluan dibanding tol lain di daerah Sumatera yang terdampak proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

 

Istilah pecah telur bermakna, Riau akan jadi Provinsi pertama dan duluan terkoneksi jalan tolnya sesuai peta  desain awal, yang ada di dalam JTTS khususnya di kawasan Provinsi Riau.

 

Hingga saat ini, beberapa ruas jalan tol di Riau bahkan telah rampung dan mulai digunakan, diantaranya Tol Pekanbaru-Dumai operasi sejak September 2020 dan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang mulai operasi Januari 2023.

 

Tol Riau juga telah mendekat ke arah Sumbar, sedang dalam tahap konstruksi Tol Bangkinang-Pangkalan. Pangkalan menjadi titik akhir Tol Riau menuju Provinsi Sumbar.

 

Seksi tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer, kemudian dilanjutkan dengan seksi Tol Bangkinang-Koto Kampar.

 

BACA JUGA:Juni 2023 Tol Dumai Menembus ke Kampar, 921 Bidang Tanah di 5 Kelurahan Dalam Kota Pekanbaru Kena

 

BACA JUGA:Belum Habis Bau Parfum, Hitungan Jam Tol Riau Menghantarkan Warga Jambi Sumbar dan Sumut ke Malaysia

 

BACA JUGA:Akan Ada Sensasi Menyalip Kereta Api dari Atas Overpass Tol Padang-Sicincin, Elok dan Estetik

 

Tol Bangkinang-Koto Kampar adalah sambungan tol Pekanbaru-Bangkinang menuju ke arah Sumatera Barat.

 

Menurut Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Tjahjo Purnomo, progres konstruksi jalan tol Bangkinang-Koto Kampar saat ini telah mencapai 74,9 persen.

 

“Panjangnya 24,7 kilometer,” ujar Tjahjo Purnomo seperti dikutip dari riaupos.co

 

Nantinya, Tol Bangkinang-Koto Kampar ini akan berlanjut ke arah perbatasan Sumatera Barat melalui seksi Tol Koto Kampar-Pangkalan sepanjang 14 kilometer.

 

Untuk bisa sampai ke Kota Padang, Tol ini akan berlanjut melalui seksi Tol Pangkalan-Payakumbuh sepanjang 67 kilometer dan Tol Payakumbuh-Sicincin sepanjang 73 kilometer.

 

Tol Sumbar juga harus sedikit bersabar, karena yang baru dikerjakan adalah seksi 1 Tol Padang-Sicincin. Progresnya cukup signifikan, bahkan persoalan lahan sudah rampung 95 persen.

 

Sementara seksi lanjutannya, masih belum ada kabar namun dalam jadwal, seksi lainnya akan dikerjakan pada tahap berikutnya, kemungkinan tahun 2024 atau setelahnya.

 

Sementara itu, Tol Riau yang mengarah ke Provinsi Jambi, yaitu Tol Pekanbaru-Rengat sepanjang 177 kilometer, dalam jadwal akan mulai dilaksanakan pembangunannya pada Tahap II tahun 2024.

 

BACA JUGA:Kekuatan Tol Pekanbaru-Dumai 50 Kali Lipat dan Pertama di Indonesia

 

Progresnya juga telah terlihat, Tol Pekanbaru-Rengat sudah dilakukan penetapan lokasi  oleh Pemerintah Provinsi Riau di Kota Pekanbaru dan juga Kabupaten Kampar.

 

Dan di Kabupaten Kampar inilah nanti, terdapat interchange yang akan menghubungkan Tol Pekanbaru-Dumai arah ke Sumatera Utara dan Tol Pekanbaru-Bangkinang arah ke Sumatera Barat serta Tol Pekanbaru-Rengat arah ke Provinsi Jambi.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau Muhammad Arief Setiawan mengatakan penlok Tol Pekanbaru-Rengat di Kecamatan Tapung dan Tambang Kabupaten Kampar seluas 234,994 hektare.

 

Jika tol ini selesai, maka semua jalan tol di Provinsi Riau kata Arief akan terkoneksi keseluruhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: