Tol Riau Berpeluang Pecah Telur Terkoneksi Duluan, Tol Jambi Sumbar dan Bengkulu Mohon Banyak Sabar

Tol Riau Berpeluang Pecah Telur Terkoneksi Duluan, Tol Jambi Sumbar dan Bengkulu Mohon Banyak Sabar

Provinsi Riau berpotensi menjadi provinsi pertama yang terkoneksi Jalan Tol Trans Sumatera-Foto: Dok Hutama Karya-

 

Sementara itu, Jalan Tol Trans Sumatera di provinsi lain sepertinya tol Jambi, Sumbar, Sumsel dan tol Bengkulu harus sedikit bersabar.

 

Tol Jambi sendiri sampai hari ini sudah menyelesaikan proses penetapan lokasi bahkan sudah masuk pada tahap pengadaan tanah, dimana tanah warga yang terdampak telah Tol Jambi telah dibayarkan oleh pemerintah.

 

Tol Jambi-Rengat menuju Provinsi Riau akan menempuh daerah Jambi sepanjang 116,5 kilometer, sisanya 81,5 kilometer berada di Provinsi Riau.

 

Kepala Bappeda Provinsi Jambi Agus Sunaryo mengaku belum mendapat perkembangan informasi terbaru terkait tol Jambi-Rengat karena masih fokus pada pembangunan Jalan Tol Jambi-Betung seksi Tempino-Bayung Lencir sepanjang 15 kilometer.

 

Pembangunan tol Tempino-Bayung Lencir molor dari rencana awal Maret 2023 mundur hingga ada keputusan pemerintah pusat terkait ketersediaan anggaran yang masih dalam proses usulan.

Kapan pembangunan Tol Jambi-Betung ini dimulai? Agus mengatakan Pemprov Jambi masih menunggu informasi dari Kementerian PUPR.

 

“Kita kebagian di Tempino dulu, dan Jambi - Rengat belum," tegas Agus.

 

Terkait tugas Pemerintah provinsi Jambi dalam hal pembebasan lahan, Semua lahan yang akan dilintasi proyek Jalan Tol Trans Sumatera di Provinsi Jambi, kata Agus sudah diurus pembebasannya, bahkan sudah dibayar ganti untungnya ke masyarakat, termasuk di Jalan Tol Jambi-Rengat.

 

Kemudian Tol Bengkulu, Pembangunan tol Bengkulu tahap dua dari Taba Penanjung - Kepahiang juga harus sabar ditunggu, karena sampai saat ini masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Demikian dikatakan Branch Manager Tol Bengkulu - Taba Penanjung, Medya Gustian dikutip dari Antara (26/3).

 

Memang belum ada penjelasan detail apa sebab tol Bengkulu-Taba Penanjung belum berlanjut, namun Sekda Provinsi Riau Hamka Sabri optimis Tol Bengkulu pasti akan berlanjut hingga ke Lubuk Linggau, sesuai rencana awal.

 

"Dipastikan pembangunan tol Bengkulu - Lubuklinggau berlanjut, namun belum diketahui kapan pembangunan tersebut akan dimulai," ujar Hamka Sabri.

 

Tol Bengkulu merupakan sirip Jalan Tol Trans Sumatera dengan ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95 km.

 

Pembangunan tol tersebut terbagi ke dalam tiga seksi. Seksi 1 Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer, seksi 2 Taba Penanjung - Kepahiang sepanjang 23,7 km dan seksi 3 Kepahiang - Lubuklinggau dengan panjang 54,5 km. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: