Belum Habis Bau Parfum, Hitungan Jam Tol Riau Menghantarkan Warga Jambi Sumbar dan Sumut ke Malaysia

Belum Habis Bau Parfum, Hitungan Jam Tol Riau Menghantarkan Warga Jambi Sumbar dan Sumut ke Malaysia

Jalan Tol Lingkar Pekanbaru akan menghubungkan wilayah segitiga emas termasuk Tol Pekanbaru-Dumai -Foto : Sekretariat Presiden RI-

PEKANBARU, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Proyek Jalan Tol Trans Sumatera akan mendekatkan provinsi tetangganya dengan Malaysia,  belum habis bau parfum, hitungan jam Tol Riau bisa menghantarkan warga  Jambi, Sumbar dan Sumut sampai ke Negeri Jiran Malaysia.

 

 

Salah satu akses penting Tol Riau menuju Malaysia adalah dengan menempuh jalan Tol Pekanbaru-Dumai tujuan Kota Dumai.

 

 

Kota Dumai memiliki akses ke luar negeri melalui pintu Pelabuhan Internasional Dumai. 

 

BACA JUGA:Jalan Tol Betung-Tempo-Jambi Dibagi Empat Seksi, Empat Desa Jadi Lokasi Gerbang Tol Jambi

 

BACA JUGA:SAH! Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Digarap, Optimis Dikerjakan 12 Bulan

 

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! BBM Kembali Turun Rp 800/Liter, Cek Harga Pertamax-Pertalite di SPBU 17 Mei 2023

 

Dari sini masyarakat dari provinsi tetangga Riau seperti Sumbar, Jambi maupun Sumut yang hendak ke Malaysia bisa menyebrang dengan tujuan Pelabuhan Antarbangsa Negeri Melaka.

 

 

Tentu saja ini terasa mudah dan dekat jika Tol Padang-Pekanbaru, Tol Jambi-Pekanbaru dan Tol Medan-Pekanbaru sudah tersambung dengan utuh nantinya.

 

 

Warga Sumbar dan Jambi yang hendak ke Dumai jika tak mau mampir ke Kota Pekanbaru bisa pula langsung mengalihkan rute di gerbang tol interchange Siak Kampar yang terkoneksi dengan Tol Dumai.

 

 

Tim jambiekspres.co.id mencoba menghitung estimasi waktu tempuh dari Sumbar, Jambi dan Sumut ke Riau menuju Kota Dumai.

 

BACA JUGA:Juni 2023 Tol Dumai Menembus ke Kampar, 921 Bidang Tanah di 5 Kelurahan Dalam Kota Pekanbaru Kena

 

 

Melalui Tol Padang-Pekanbaru, Tol Jambi-Pekanbaru dan Tol Medan-Pekanbaru, kemudian berlanjut melalui Tol Pekanbaru-Dumai.

 

 

Adapun panjang Tol Pekanbaru-Dumai adalah 131,4 Kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam atau 2 jam termasuk istirahat di rest area dengan kecepatan sekitar 80 kilometer per jam.

 

 

Ke Dumai dari Sumbar 

 

 

Jika anda berasal dari Kota Padang Sumbar, akan menempuh perjalanan sepanjang 254,8 kilometer hingga sampai di Kota Pekanbaru melalui Tol Padang-Pekanbaru.

 

 

Warga dari Padang akan menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 3,5 jam perjalanan termasuk istirahat di rest area untuk sampai di Kota Pekanbaru. 

 

 

Dua jam kemudian langsung tiba di Kota Dumai. Total sekitar 5 jam waktu perjalanan, warga dari Padang sudah bisa sampai di Kota Dumai. 

 

BACA JUGA:Onde Mande Rumah Tua Ini Masih Berdiri di Tengah Proyek Tol Padang-Sicincin, 80 Bidang Tanah Belum Tuntas

 

 

Ke Dumai dari Jambi

 

 

Sementara itu, Warga Jambi akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 2,3 jam menuju Rengat melalui Tol Jambi-Rengat sepanjang 190 kilometer.

 

 

Kemudian melanjutkan perjalanan melalui Tol Rengat-Pekanbaru sepanjang 175 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam. Jadi total waktu yang dihabiskan dari Jambi hingga sampai ke Kota Dumai adalah sekitar 6 hingga 7 jam.

 

 

Ke Dumai dari Sumut

 

Sementara itu, warga Sumut yang hendak ke Malaysia dimulai dari Medan, akan menempuh bentangan jalan tol Medan - Pekanbaru sekitar 548 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 7 jam dalam kecepatan minimal tol 80 km/jam.

 

 

Ditambah 2 jam lagi makan akan sampai ke Kota Dumai dengan menempuh Tol Pekanbaru-Dumai.  Total waktu yang dibutuhkan sekitar 9-10 jam dari Medan untuk sampai ke Kota Dumai.

 

 

Dari Dumai ke Malaysia

 

 

Lantas berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang dari Pelabuhan Internasional Dumai hingga sampai ke Pelabuhan Antarbangsa Negeri Melaka?

 

 

Sekitar 2,5 hingga 3 jam dengan naik kapal Ferry. Ingat, Ini bukan perjalanan domestik, Anda jangan lupa melengkapi dokumen terlebih dahulu, diantaranya passport.

 

 

Di Pelabuhan Internasional Dumai petugas Imigrasi akan memeriksa perjalanan Anda. Apakah ingin berobat, berwisata, kuliah/sekolah atau ingin jadi TKI.

 

 

Jangan sampai pula passport tertinggal di Jambi, Medan dan Sumbar, karena untuk kembali ke provinsi masing-masing butuh biaya tambahan lagi, tentu harus membeli BBM lagi dan juga harus membayar tarif tol lagi .

 

 

Branch Manager PT Hutama Karya (Persero) Ruas Tol Pekanbaru - Dumai Indrajana dikutip jambiekspres.co.id dari keterangan resmi PUPR, mengatakan sejak beroperasi pada tahun 2021, pihaknya juga terus melakukan pembenahan-pembenahan terhadap jalan tol, baik dari segi keamanan hingga pelayanan untuk pengendara.

 

 

BUJT Tol Pekanbaru–Dumai PT Hutama Karya katanya juga telah berkomitmen untuk menyelaraskan antara pengelolaan infrastruktur dengan kelestarian alam melalui penghijauan.

 

 

Saat ini telah tertanam 7.500 pohon seperti Trembesi, Tabebuya, dan Pucuk Merah dari target 9.000 tanaman.

 

 

Tol Pekanbaru – Dumai membentang sepanjang 131 km yang terdiri dari 6 seksi.

 

 

Seksi 1 ruas Pekanbaru - Minas (9,5 km), Seksi 2 ruas Minas - Kandis Selatan (24 km), Seksi 3 ruas Kandis Selatan - Kandis Utara (17 km), Seksi 4 Kandis Utara - Duri Selatan (26 km).

 

 

Seksi 5 Duri Selatan - Duri Utara (28 km), Seksi 6 JC Duri Utara - Dumai (25 km). 

 

 

Jalan tol ini dibangun selama kurun waktu sekitar 3 tahun 9 bulan dengan nilai investasi sebesar Rp14 triliun. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: