>

Wow! Gerbang Exit Tol Jambi-Riau Dibangun di Desa Gerunggung Muaro Jambi

Wow! Gerbang Exit Tol Jambi-Riau Dibangun di Desa Gerunggung Muaro Jambi

UIlustrasi Gerbang Tol yang ada di Provinsi Jambi-Tangkap layar channel youtube @LensaYoutuber-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pengendara yang ingin keluar masuk Tol Jambi-Riau dari Kota Jambi, bisa menggunakan gerbang exit Tol yang ada di Desa Gerunggung.

Desa Gerunggung sangat dekat dengan Kota Jambi hanya sekitar 45 menit perjalanan, atau bahkan bisa lebih cepat.

Lokasi gerbang exit Tol Jambi-Riau itu berada di Kecamatan Sakernan Kabupaten Muaro Jambi. Berada diantara Desa Rantau Majo dan Desa Bukit Baling masih di Kecamatan Sakernan.

Exit Tol Desa Gerunggung memang berada di Kabupaten Muaro Jambi namun akses dari Kota Jambi terbilang sangat dekat.

Apa dampak positif dari kehadiran gerbang Tol itu nanti? Tentu saja akan banyak, diantaranya akan memberi perkembangan  signifikan dalam hal pemanfaatan ruang yang mungkin semula minim pemanfaatan, menjadi kawasan komersial.

Daerah exit Tol akan berdampak langsung pada ekonomi wilayah sekitarnya. Lokasi dekat pintu keluar-masuk jalan Tol bisa pula berkembang lebih cepat sebagai kawasan bisnis, industry, perdagangan maupun jasa.

Sebuah Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FE-UI) pernah melakukan studi tentang Dampak Pembangunan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

Hasil studi itu menunjukkan hasil yang menarik untuk dicermati, disebut bahwa kenaikan stok jalan sebesar 1% akan menaikkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8,8%.

Pemerintah Provinsi Jambi resmi merilis peta penetapan lokasi (penlok) Tol Jambi-Rengat dan di sana terlihat dengan jelas dimana lokasi exit Tol Jambi-Rengat Riau.

Dari peta yang dirilis Pemprov Jambi melalui Pengumuman Nomor BA.PCT.2097/Setda.Pem-OTDA-1.1/VII/2024 bertanggal 31 Juli 2024, terlihat dengan jelas titik lokasi exit Tol Jambi-Rengat yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).


Lokasi exit tol Jambi-Rengat yang telah masuk dalam peta Penlok yang dirilis Pemerintah Provinsi Jambi-Foto: Istimewa-

Nama 6 Desa di Muaro Jambi Terdampak Tol

Khusus di Muaro Jambi, Tol Jambi-Rengat akan membelah 6 desa. Ini terlihat dari Penetapan Lokasi (Penlok) Pembangunan Pengadaan Tanah Jalan Tol Jambi-Rengat I yang diumumkan secara resmi oleh Provinsi Jambi tertanggal 31 Juli 2024 kemarin.

Pengumuman itu ditandatangani langsung oleh Sudirman, selaku Sekda Provinsi Jambi sekaligus Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah Tol Jambi.

Berikut nama desa dan kelurahan di Muaro Jambi yang terdampak Tol Jambi-Rengat:

1. Kelurahan Pijoan (Kecamatan Jambi Luar Kota)
2. Desa Tantan (Kecamatan Sakernan)
3. Desa Rantau Majo (Kecamatan Sakernan)
4. Desa Gerunggung (Kecamatan Sakernan)
5. Desa Bukit Baling (Kecamatan Sakernan)
6. Desa Suko Awin Jaya (Kecamatan Sakernan)

Bertambahnya nama desa dan kelurahan di Kabupaten Muaro Jambi untuk Tol Jambi-Rengat ini, menambah deretan wilayah Muaro Jambi yang masuk dalam garis Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sebelumnya, Kawasan Muaro Jambi juga terdampak Jalan Tol Jambi-Bayung Lencir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: