Juni 2023 Tol Dumai Menembus ke Kampar, 921 Bidang Tanah di 5 Kelurahan Dalam Kota Pekanbaru Kena

Juni 2023 Tol Dumai Menembus ke Kampar, 921 Bidang Tanah di 5 Kelurahan Dalam Kota Pekanbaru Kena

Tol Lingkar pekanbaru akan menyatukan Tol Rengat-Pekanbaru, Tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Tol Pekanbaru-Dumai.-Foto: Biro Pers Presiden -

PEKANBARU, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pada pertengahan tahun 2023 jalan tol Dumai akan mulai menembus ke Kampar sepanjang 13,5 kilometer.

 

Pemerintah Kota Pekanbaru juga telah mendapat instruksi dari Kementerian PUPR untuk segera membebaskan lahan yang akan dilintasi jalan tol tersebut.

 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Kamis (18/5) mengatakan, data yang ia peroleh dari pemerintah pusat akan ada 921 persil atau bidang tanah yang harus dibebaskan untuk lintasan Tol Dumai-Pekanbaru-Kampar itu.

 

Pengerjaan jalan tol ini kata Indra akan dilakukan mulai pertengahan tahun 2023 atau sekitar Juni atau Juli 2023.

 

"Jadi sesuai instruksi pusat kami akan membebaskan tanah sebanyak 921 persil. Pengukuran tanah sudah selesai dilakukan Badan Pertanahan Nasional Pekanbaru," kata Indra seperti dikutip Jambi Ekspres dari situs resmi riau.go.id.

 

Jalan tol Dumai-Pekanbaru-Kampar ini akan terbentang sepanjang 13,5 kilometer di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Barat.

 

Terdapat 5 kelurahan yang nantinya akan dilintasi, yaitu Kelurahan Sri Meranti, Agrowisata, Rumbai Bukit, Palas, dan Kelurahan Muara Fajar Timur.

 

“Saat ini, ratusan persil tanah itu sudah dinilai oleh tim independen penilai harga tanah,” lanjut Indra lagi.

 

Pemko Pekanbaru kini tinggal melakukan musyawarah dengan para pemilik tanah.

 

Proses musyawarah telah ditargetkan bisa rampung akhir Mei 2023 sebelum pembangunan tol mulai dilaksanakan, lanjut Indra.

 

"Jadi semua harus cepat. Kami melakukan musyawarah dengan pemilik tanah untuk pembebasan lahan ini," katanya lagi.

 

Semua harus cepat karena harus menyesuaikan juga dengan target pemerintah bahwa pada triwulan pertama 2024 Tol Pekanbaru harus sudah sampai ke Provinsi Sumbar tepatnya di Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Hingga saat ini, beberapa ruas jalan tol di Riau bahkan telah rampung dan mulai digunakan, diantaranya Tol Pekanbaru-Dumai operasi sejak September 2020 dan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang mulai operasi Januari 2023.

 

Tol Riau juga telah mendekat ke arah Sumbar, sedang dalam tahap konstruksi Tol Bangkinang-Pangkalan. Pangkalan menjadi titik akhir Tol Riau menuju Provinsi Sumbar.

 

Seksi tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer, kemudian dilanjutkan dengan seksi Tol Bangkinang-Koto Kampar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: