Banjir Sejumlah Desa di Kerinci Kian Meluas, Warga Soroti Kemungkinan Disebabkan Proyek PLTA Kerinci

Banjir Sejumlah Desa di Kerinci Kian Meluas, Warga Soroti Kemungkinan Disebabkan Proyek PLTA Kerinci

Wakapolda Jambi Tinjau Banjir di Kerinci serta Beri Bantuan--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Banjir di sejumlah Desa di Kerinci bagian hilir kian meluas. Debit air Danau Kerinci terus mengalami peningkatan. Bahkan rumah warga yang terendam banjir berada di wilayah dekat Danau Kerinci, setiap hari air naik. 

Akibat lambatnya turun debit air Danau Kerinci, menjadi berbagai sorotan dari warga, seperti Dua Pintu keluarnya air Danau Kerinci, yakni di Sanggarang Agung, kecamatan Danau Kerinci dan Tanjung Batu, kecamatan Keliling Danau, yang sudah mengalami kedangkalan.

"Pintu keluar air Danau Kerinci harus dinormalisasi, karena memang susah mengalami pendangkalan, jadi menghambat arus air keluar ke dalam Sungai Batang Merangin," ungkap Budi salah seorang warga tinggal di Danau Kerinci.

Selain itu warga juga menyorot kemungkinan disebabkan pembangunan bendungan Mega proyek PLTA Kerinci yang sedang dikerjakan di Muara Emat yang dikerjakan PT KMH anak dari PT BUKAKA group.

"Selain normalisasi dua pintu keluar air Danau Kerinci, Pemerintah harus mengevaluasi pembangunan bendungan PLTA, jangan-jangan itu masuk menghambat lambatnya air Danau Kerinci Surut, jadi merendam Rumah warga di pinggiran Danau Kerinci. Kondisi yang sama juga diungkapkan Soni salah seorang warga Danau Kerinci. Dia mengatakan bahwa di desanya tidak pernah banjir yang sampai berminggu-minggu. Namun kali ini sudah lebih 2 minggu rumah warga terendam air.

"Dua pintu keluar air danau harus dinormalisasi atau dikerok dengan alat berat, kemudian perlu dicek bendungan yang dibangun PLTA Kerinci di Batang Merangin," ungkapnya.

Dari data yang diperoleh Desa yang tengah terendam banjir di wilayah Danau Kerinci, yakni, Koto Tuo Ujung Pasir, Ujung Pasir, Koto Petai, kecamatan Tanah Cogok, Tanjung Tanah, Dusun Baru dan Simpang Empat Tanjung Tanah, kecamatan Danau Kerinci dan Beberapa Desa Pulau Tengah salah satunya desa Koto Dian Pulau Tengah.

Sedangkan untuk akses jalan di keliling Danau Kerinci, air sudah masuk ke jalan raya seperti jalan Lempur Danau-Semerap, Pulau Tengah - Telago Pulau Tengah, Keluru- Jujun dan Pendung Talang Genting-Sanggarang Agung.(hdp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: