Produk Israel yang Dijual Alfamart dan Indomaret Serta Hampir Semua Minimarket di RI

Produk Israel yang Dijual Alfamart dan Indomaret Serta Hampir Semua Minimarket di RI

Kini masyarakat dunia terus melakukan aksi boikot terhadap produk-produk yang terkait dengan Israel dan juga negara sekutunya.-Tangkap Layar TikTok-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Israel penguasa ekonomi dunia, ini mungkin memang benar adanya. Kini muncul pula istilah 'Produk Israel' untuk menggambarkan produk yang terkait dan terafiliasi dengan negara Israel.
 
Beberapa produk yang dituding terkait dengan Israel itu pun kini mulai masuk dalam list perhatian masyarakat RI.

Produk itu dijual di gerai Alfamart dan Indomaret serta hampir seluruh minimarket yang ada di Indonesia.

Ada yang menggemakan aksi boikot, ada juga yang sekedar ingin tahu namun tak bisa lepas karena telah terbiasa menggunakannya.

Bagi mereka yang memboikot Produk Israel, tujuannya untuk ikut berkontribusi menekan peran Israel dalam perekonomian dunia dengan tujuan ia bisa segera menghentikan perang di Palestina.

Hanya saja, produk-produk yang dituding terkait dengan Israel itu telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Sebenarnya tak hanya Alfamart dan Indomaret serta minimarket dan supermarket saja yang menjual produk tersebut, namun juga bahkan ke warung-warung kecil pun juga menjual.
 
Dikutip dari boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS). BDS atau boikot, Divestasi, Sanksi adalah gerakan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan yang dipimpin Palestina.

BDS tak hanya menekankan bahwa Produk Israel yang masuk list berasal dari Israel, namun ada juga yang berasal dari Amerika. Amerika menggunakan penghasilan negaranya untuk mendukung perang Israel di Palestina.

Berikut list produk yang diduga terkait dengan Israel, yang dijual di Alfamart dan Indomaret serta semua minimarket yang ada di RI.

Minuman:

Coca cola
Sprite
Fanta
Nutriboost
Minute maid pulpy orange
Fresh tea
Produk Sehari-hari
Molto
Vikal
Wipol
Super pel
Sunlight
Rinso
Lifebuoy cuci tangan

Produk Perawatan Pribadi

Dove
Sunsilk
Sabun lifebuoy
Vaseline
Clear
Lux
Tresemme
Fair and lovely
Close up
Pepsodent
Ponds
Rexona
Citra
Axe
Glow and lovely
Sensitive

Produk makanan dan bahan-bahan:

Kecap Bango
Jus Buavita
Royco
Teh sariwangi
Sambal jawara
Knorr

Produk bayi dan anak:

Zwitsal
Dove baby
Pepsodent kids

Makanan dan bahan masakan:

Maggie saus tiram
Carnation krimer kental manis
Produk Es Krim
Walls
Produk P&G
Pantene
Head and shoulders
Downy
Rejoice
Olay
Vixs  
Oral b
Sangobion
Neurobion
Gillette
Sk II
Herbal essences
Pampers
Produk Mondelez
Keju kraft
Cadbury
Biskuat
Oreo
Ritz

Dan banyak produk-produk lainnya yang terafiliasi dengan Amerika dan juga Israel lainnya, yang dijual di Alfamart dan Indomaret serta hampir semua minimarket di RI.

BACA JUGA:Daftar Promo PSM Alfamart 8-15 November, Beli 3 Mie Sedaap Gratis 1

BACA JUGA:Asal Mula Kaum Yahudi Hingga Terbentuk Negara Israel dan Menguasai Wilayah Palestina

Restoran Cepat Saji dan Coffeshop

Sebenarnya tak hanya produk-produk keseharian, kini juga gencar dilakukan boikot terhadap beberapa restoran cepat saji yang dianggap terkait dengan Israel, diantaranya:

•Burger King
•KFC
•McDonald’s
•Starbucks

BACA JUGA:No Alfamart No Indomaret Ini 4 Minimarket di Sumbar Milik Pengusaha Lokal Tulen

Impor RI dari Israel berdasarkan data BPS

Tak hanya produk-produk turunannya saja yang banyak dijual di Indonesia,  Badan Pusat Statistik (BPS) bahkan mencatat, pada periode Januari – September 2023, Indonesia juga melakukan impor produk Israel langsung dengan nilai USD14,4 juta atau setara Rp226,29 Miliar dalam nilai tukar saat ini Rp15.715 per USD.

BACA JUGA:Ditolak 19 Daerah di Sumbar Alfamart dan Indomaret Dituding 'Menyusup' Masuk Pakai Nama Lain

Produk  Israel yang diimpor langsung dari negaranya seperti alat mekanis dan bagiannya, perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia, serta mesin perlengkapan elektrik dan bagiannya.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, meski RI tidak memiliki hubungan diplomatik, hubungan dagang tetap bisa dilakukan karena ini adalah business to business.

BACA JUGA:7-Eleven Hengkang dari RI Gara-gara Alfamart dan Indomaret?

Sejak kapan RI impor produ Israel? tercatat oleh BPS sejak tahun 2020. Saat itu nilai impor dari Israel sebanyak US$ 56,5 juta. Kemudian turun pada 2021, menjadi US$ 26,5 juta, dan pada 2022 sebanyak US$ 47,8 juta. Dan sepanjang 2023 RI impor sebesar US$ 14,4 juta dari Israel. (dpc)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: