Asal Mula Kaum Yahudi Hingga Terbentuk Negara Israel dan Menguasai Wilayah Palestina

Asal Mula Kaum Yahudi Hingga Terbentuk Negara Israel dan Menguasai Wilayah Palestina

Dari kiri, peta Palestina yang semakin habis dikuasai Israel dari Tahun 1946, 1947, 1967 dan tahun 2000-Foto: Tangkap layar Youtube @arah islam-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Banyak yang bertanya sebenarnya dari mana asal muasal kaum Yahudi di muka bumi ini dan bagaimana sejarah terbentuknya negara Israel hingga akhirnya menguasai tanah Palestina.

 

Sebelum itu, baiknya kita mengenal dulu tentang kaum Yahudi, dikutip dan diringkas dari penjelasan Ustadz Felix Siauw dirangkum dari berbagai ceramahnya di akun youtube channel.

 

Sejarah bangsa Yahudi atau sering juga disebut dengan Bani Israil dimulai pada masa Nabi Ibrahim.

 

Nabi Ibrahim lahir dan besar di Babilonia, negeri ini dipenuhi oleh masyarakat syirik penyembah berhala, patung, matahari dan bintang.

 

Berbagai cara dilakukan Nabi Ibrahim agar penduduk bisa menyembah Allah namun upaya itu tidak berhasil, kemudian Nabi Ibrahim dan istrinya pindah ke negeri Syam atau yang kini dikenal dengan nama Palestina.

 

Suatu hari daerah Nablus di Palestina mengalami bencana yang membuat Nabi Ibrahim akhirnya pindah ke Mesir.

 

Saat di negara Mesir, Ibrahim menikah lagi dengan Sarah lalu kembali ke Palestina. Kemudian ia mendapatkan seorang anak dari Hajar dan diberi nama Ismail dan dari istrinya Sarah mendapat anak bernama Ishaq.

 

Nabi ishaq kemudian menikah dengan Rifqo binti Batwaillalu mendapatkan anak kembar bernama Aishu dan Ya’qub.



Nabi Ya’qub kemudian menikah dan memiliki 12 anak. Salah satu anaknya bernama Yusuf yang sukses di Mesir kemudian membawa Nabi Ya’qub sekeluarga pindah ke Mesir.

 

Waktu berselang, keturunan nabi Ya’qub akhirnya berkembang menjadi kaum bani israil atau kaum Yahudi.

 

Pada suatu saat, negeri mereka kemudian dijajah oleh seorang raja yang sangat kejam, sadis dan mengaku sebagai tuhan, raja itu bernama Firaun.

 

Kemudian Allah mengutus Nabi Musa dan Harun untuk datang menyelamatkan pengikutnya dan dibawa ke negeri Palestina.

 

BACA JUGA:Terima Surat dari Nabi Muhammad SAW, Begini Respon Raja Romawi dan Persia. Fakta Peradaban yang Disembunyikan

 

Nabi Musa merupakan salah satu keturunan Nabi Ya’qub yang diangkat Allah menjadi nabi untuk mengajarkan kaum Bani Israil menyembah Allah.

 

Kemudian Nabi Musa pun berangkat sesuai perintah Allah ke sebuah negeri yang dijanjikan Allah bernama Palestina.

 

Sesampainya di Palestina, kaum Bani Israel atau Yahudi sempat takut untuk masuk karena menghadapi penduduk asli Palestina yang amat kuat dengan postur tubuh yang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: