Potensi EBT di Tengah Berlimpahnya Energi Fosil di Provinsi Jambi

Potensi EBT di Tengah Berlimpahnya Energi Fosil di Provinsi Jambi

Persentase bauran energi baru terbarukan (EBT) Provinsi Jambi akan naik setelah PLTA Kerinci Merangin beroperasi tahun 2025-Foto: Dok PT Kerinci Merangin Hidro-

“Dan Indonesia memiliki peluang untuk itu, potensi EBT RI cukup besar, Transisi di tingkat daerah juga punya peran besar,” lanjutnya.

Setidaknya kini ada 3 provinsi di Indonesia yang transisi EBT sudah dimulai. Diantaranya Jawa Tengah, Bali dan Jambi.

Kata Icmi, di Jawa tengah telah dibuat inisiatif Central Java Solar Province dengan terbitnya instrument kebijakan pendukung PLTS.

Di Bali telah pula disahkan Peraturan Gubernur tentang energi bersih dan kendaraan listrik, dikeluarkan sejak 2019.

Sementara di Jambi, telah berjalan program BOENDA Program bantuan Sosial Terintegrasi untuk Dapur dan Penerangan Rumah Tangga.

Beberapa hambatan pastinya masih akan terjadi saat aklerasi transisi energi. Masih adanya kepentingan migas dan batu bara sebagai sumber pendapatan pemerintah.

Ketidak pastian peraturan, serta EBT yang masih dianggap tidak menarik. Belum lagi, subsidi yang diberikan atas pemanfaatan energi fosil yang semakin gencar dilakukan pemerintah.

Akankah Jambi bisa menunjukkan perannya dalam transisi energi, beralih dari fosil ke EBT? Baik itu sekarang, tahun depan dan di masa depan? Kita tunggu bersama.  (dpc)






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: