Potensi EBT di Tengah Berlimpahnya Energi Fosil di Provinsi Jambi

Potensi EBT di Tengah Berlimpahnya Energi Fosil di Provinsi Jambi

Persentase bauran energi baru terbarukan (EBT) Provinsi Jambi akan naik setelah PLTA Kerinci Merangin beroperasi tahun 2025-Foto: Dok PT Kerinci Merangin Hidro-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) dan potensi energi fosil di Provinsi Jambi ibarat dua sisi mata pisau yang sama-sama tajam.

Yang satu sedang digaung-gaungkan untuk segera diterapkan, dan yang satunya lagi, sudah harus segera dilupakan namun tetap saja diagung-agungkan.

Selalu jadi kesayangan, karena bagaimana pun energi fosil masih jadi penyumbang penerimaan negara.

Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas, Kurnia Khairi saat jumpa pers terkait Kinerja Industri Hulu Migas, di depan wartawan pada Selasa (18/07/2023) mengatakan, perkiraan penerimaan negara dari sektor ini telah mencapai USD13 Miliar atau setara Rp196,129 Triliun (asumsi nilai tukar saat ini Rp15.086,85)

Lantas, bisakah Provinsi Jambi berperan untuk semakin serius menggali potensi EBT di tengah gencarnya pemerintah dan pengusaha menggali dan mengebor setiap sisi perut bumi Jambi, mencari sumber-sumber energi fosil yang baru?


Potensi Migas dan Batu Bara Jambi

Jambi adalah negeri yang memiliki kekayaan sumber daya alam mineral dan batu bara berlimpah, semua adalah energi fosil yang sudah pasti tidak bisa diperbaharui.

Mengambil data dari BPS Provinsi Jambi, kelompok tambang energi fosil yaitu migas dan batu bara, memiliki andil paling besar dalam angka ekspor Provinsi Jambi pada Juli 2023.

Komoditi migas dan batu bara memberi peran sebesar 47,42 persen atau senilai 86,53 juta USD setara Rp1,3 triliun.

BPS juga mencatat tahun 2018, produksi minyak bumi di Jambi mencapai 8,198 Juta barel sedangkan produksi batu bara 11,19 juta ton, bahkan keterangan dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, tahun 2022 produksi batu bara Jambi telah melambung naik melebihi 17 Juta Ton.

Begitu besarnya potensi energi fosil di Jambi, namun sesuai namanya, fosil, suatu saat pasti akan habis juga, jika sekarang bisa memenuhi kebutuhan energi lokal  dan bisa diekspor dan dijual kemana-mana, suatu saat nanti, pasti akan memasuki era mundurnya.

Pertanyaannya, jika semua itu telah habis, sudah siapkah Jambi

 

Potensi EBT Jambi dan Bauran Energi Jambi

EBT, Energi Baru Terbarukan adalah energi yang bersumber dari proses alam yang terus berkelanjutan atau bisa diperbaharui dan terus bisa diproduksi, tanpa harus menunggu ratusan atau jutaan tahun seperti energi fosil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: