Segini Waktu Tempuh Melewati Terowongan Tol Cisumdawu, Estetik Berasa di Eropa

Segini Waktu Tempuh Melewati Terowongan Tol Cisumdawu, Estetik Berasa di Eropa

Terowongan Tol Cisumdawu memberikan pengalaman perjalanan mirip di Eropa-Foto: Dok PUPR-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tol Cisumdawu yang akan beroperasi Juni 2023 ini akan melewati sebuah terowongan terpanjang yang ada di Indonesia.

 

Berapa waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melewati terowongan ini? Jika melihat catatan panjangnya, terowongan Tol Cisumdawu ini memiliki bentang 472 meter dengan lebar 14 meter menembus Bukit Cilengsar 

 

Jika dilewati dengan kecepatan standar 80 kilometer per jam, maka waktu yang dibutuhkan untuk menempuh terowongan ini hanya butuh sekitar 30 hingga 50 detik.

 

Menarik, karena memasuki terowongan ini kita berasa sedang di terowongan luar negeri, sangat estetik berasa sedang menempuh terowongan di Eropa.

 

Karena terowongan ini tak terlalu panjang, jadi siang hari pencahayaan dari kedua ujung terowongan cukup terbantu oleh cahaya matahari.

 

Di sepanjang tunnel juga dilengkapi lampu pencahayaan yang terang. Terowongan ini juga akan terang jika ditempuh malam hari, sangat estetik.

 

BACA JUGA:Oliv Istri Selebriti Denny Sumargo Kini Terkait dengan Tol Cisumdawu Punya Jabatan Penting

 

BACA JUGA:Seluk Beluk 19 Tahun Jusuf Hamka Menagih Hutang ke Negara Melalui Jalur Hukum

 

Mengutip dari keterangan resmi Kementerian PUPR, tantangan terbesar saat membangun terowongan ini adalah detail kontur medannya yang berbukit-bukit, itu sebabnya biaya yang dibutuhkan untuk membangun terowongan ini mencapai Rp800 Miliar.

 


Terowongan Tol Cisumdawu adalah terowongan terpanjang di RI-Foto: Dok PUPR-

 

Dirjen Bina Marga Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W. Husaini menjelaskan, itu sebabnya di ruas ini juga ada banyak jembatan panjang. Terowongan ini dibuat dalam diameter 12,5 meter menerapkan teknologi NATM (New Austrian Tunneling Method).

 

Terowongan Tol Cisumdawu ini menembus Bukit Cilengsar, Desa Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat tepatnya di Seksi II Ruas Rancakalong-Sumedang.



Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu akan memajukan ekonomi di Jawa Barat dengan segitiga pertumbuhan ekonomi yakni Jakarta, Bandung, dan Cirebon. Pembangunan tol ini juga untuk mendukung akses transportasi menuju Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

 

BACA JUGA:Akhirnya Seluruh Badan Tol Cisumdawu Tersambung! Sisa Pekerjaan Tinggal Tetek Bengek Saja

 

Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) dalam rencananya akan tersambung seluruhnya mulai Juni ini.

 

Tol Cisumdawu sepanjang 62 Kilometer ini. Jika ditempuh dalam waktu 80 kilometer per jam, maka ruas tol ini akan memakan waktu tidak sampai 1 jam dari Cileunyi - Sumedang - Dawuan.

 

Seksi 4 - Seksi 5 dari Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 Kilometer sempat dibuka Lebaran lalu secara fungsional kemudian ditutup kembali karena beberapa pekerjaan tol kembali dilanjutkan.

 

Dan kini Seksi 4-6 masih terus dikebut finishingnya untuk dibuka secara permanen Juni 2023 ini. Direktur Jalan Bebas Hambatan Dirjen Bina Marga, Triono Junoasmono mengatakan, target pada 15 Juni ini semua ruas tol Cisumdawu akan mulai tersambung dan tanggal 12 Juni pekerjaan fisiknya ditargetkan rampung.

 

BACA JUGA: Performa CMNP dan Tol Cisumdawu Sama-sama Terbang Naik

 

BACA JUGA:Ini Dia Komisaris Cantik di Balik Pembangunan Tol Cisumdawu, Putri Jusuf Hamka yang Mualaf

 

BACA JUGA:Bangun Tol Cisumdawu, Berikut Peran Perusahaan Jusuf Hamka yang Nagih Utang Rp179 M ke Negara Itu

 

“Sehingga Tol Cisumdawu siap beroperasi dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini," jelas Triono pada Jumat (9/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: