Bengawan Solo Meluap, 4.874 Rumah Terendam

Bengawan Solo Meluap, 4.874 Rumah Terendam

       Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Arie Setiyadi Moerwanto sebelumnya pernah mengatakan bahwa daerah bantaran Sungai Begawan Solo selama ini telah menjadi resistensi banjir. \"Daerah di sana jangan dianggap sebagai korban banjir, karena memang di sana sudah jadi resistensi banjir tiap tahunnya,\" kata Arie.

       Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa normalisasi sungai, waduk, dan tanggul menjadi prioritas di saat musim penghujan saat ini. \"Pemerintah saat ini telah merampungkan pembangunan Waduk Rawa Jabung,\" ucap Arie.

       Pengoperasian Waduk Rawa Jabung, lanjutnya, akan dapat mengatasi banjir di DAS Bengawan Solo yang telah membanjiri Bojonegoro selama bertahun-tahun. Selain itu, air luapan dari Sungai Bengawan Solo akan dialirkan ke Waduk Rawa Jabung untuk selanjutnya dibuang ke laut.   

       Tidak hanya itu, Waduk Rawa Jabung yang memiliki luas 1500 hektar dan dapat menampung 30 juta meter kubik (m3) air juga akan dibantu dengan normalisasi dan penyudetan di Sungai Sedayu Lawas, sebelah timur Tuban untuk mengatasi masalah Sungai Bengawan Solo.      

       Meski belum selesai 100 persen, Arie menyatakan bahwa Waduk Rawa Jabung sudah dapat dioperasikan penggunaannya. \"Belum selesai, tapi sudah bisa dioperasikan,\" ujarnya.

(dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: