>

Presiden Prabowo Ingin Metode Pembelajaran Matematika RI Diperbaiki, Bahas Dua Opsi

Presiden Prabowo Ingin Metode Pembelajaran Matematika RI Diperbaiki, Bahas Dua Opsi

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu'ti saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10/2024). -ANTARA/Mentari Dwi Gayati-

Kemudian opsi berikutnya adalah mengganti metode pembelajaran  matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) dari kelas 1 hingga kelas 4, semua harus ditingkatkan. 

 

Dan Prabowo menginginakan agar guru-guru diberikan pelatihan mengajar matematika guna meningkatkan pengajaran matematika.   

 

Saat disinggung terkait keberlanjutan kurikulum Merdeka Belajar seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya, Mu'ti mengaku belum ada pembahasan dengan Presiden.

 

Dalam kesempatan sebelumnya pula, Mu'ti mengatakan kepemimpinannya akan mengkaji ulang terkait penerapan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar.

 

Kemerosotan Kemampuan Matematika Anak-anak RI

 

Mengutip tulisan Syamsir Alam, Dewan Pengawas Yayasan Sukma yang dimuat Media Indonesia, rata-rata untuk ketiga mata pelajaran; matematika, membaca, dan sains pada 2022 menunjukkan penurunan (learning loss) mencapai 12-13 poin dibandingkan 2018.

 

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) 2022.

 

Secara keseluruhan, hasil PISA 2022 dapat dikategorikan termasuk yang terendah, setara dengan hasil yang diperoleh pada 2003 dalam membaca dan matematika, dan pada 2006 dalam sains. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: