>

2030, Kurang dari 50 Menit Jarak Tempuh Balikpapan Menuju KIPP

2030, Kurang dari 50 Menit Jarak Tempuh Balikpapan Menuju KIPP

Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR, Wida Nurfaida memberikan paparan dalam acara Indonesia-Korea Technical Exchange Seminar dan Business Networking 2024 di Jakarta, Rabu (7/8/2024).- ANTARA/Aji Cakti -

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mengungkapkan Tol Akses IKN untuk menghubungkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan bandara pada tahun 2030.

"Secara sistem jaringan jalan yang sudah dilaksanakan, khususnya untuk jaringan jalan tol, akses ini adalah mengkoneksikan waktu kurang dari 50 menit dari koneksi transit ekspres dari KIPP sampai dengan ke bandara strategis di tahun 2030," ujar Direktur Pembangunan Jalan Wida Nurfaida Ditjen Bina Marga di Jakarta, Rabu, dikutip dari Antara.

Saat ini, lanjutnya, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga telah melaksanakan beberapa pekerjaan jalan tol di dalamnya. Secara akses Bina Marga menyambung dari Bandara Sepinggan, ini merupakan seksi 1 yang disebut sebagai segmen Bandara Sepinggan, langsung terkoneksi dengan Tol Balikpapan-Samarinda yang sekarang sudah terbangun.

Kemudian dilanjutkan dengan jalan tol Segmen KKT Kariangau, dan yang berikutnya adalah Segmen dari Kariangau sampai dengan Simpang Tempadung.

Lalu dari Simpang Tempadung sampai Jembatan Pulau Balang dan dikoneksikan dengan Jembatan Pulau Balang, kemudian selanjutnya dikoneksikan juga dengan segmen Jembatan Pulau Balang sampai dengan Simpang Riko.

Dan segmen Simpang Riko sampai dengan Outer Ring Road IKN, serta Outer Ring Road IKN sampai dengan Simpang ITCI, dan dari Simpang ITCI sampai dengan Simpang 1B Kebangsaan Sisi Timur yang disebut sebagai segmen 6C. Semua segmen tol IKN tersebut dalam proses pekerjaan.

"Jadi semua seluruhnya sudah dalam proses pekerjaan, kecuali segmen 4A dan 4B," kata Wida.

Sebagai informasi, jaringan jalan tol Akses IKN menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, utamanya melintasi jalan tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

Kehadiran jalan tol Akses IKN dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan antara Nusantara dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

jalan tol IKN ini dapat mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang semula apabila melewati Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: