>

Sampah Menumpuk di Sejumlah TPS Kerinci

Sampah Menumpuk di Sejumlah TPS Kerinci

Sampah Menumpuk di Sejumlah TPS Kerinci--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Permasalahan sampah di Kabupaten KERINCI kembali disoal. Lantaran adanya tumpukan sampah kembali menghiasi beberapa jalanan Kabupaten KERINCI.

Bahkan, sejumlah TPS sampah dibeberapa desa di Kerinci sudah tidak sanggup lagi menampung jumlah sampah, sehingga terlihat sampah sudah tercecer di badan jalan.

Atas kondisi tersebut masyarakatpun meminta Pemkab Kerinci dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kerinci untuk bergerak cepat dalam mengatasi permasalahan sampah di Kerinci.

Penumpukan sampah saat ini sudah menjadi pemandangan di Kabupaten Kerinci, terutama diberbagai desa dalam Kabupaten Kerinci, mulai dari desa di Kecamatan Kayu Aro hingga Gunung Raya.

M Zacky salah seorang Penggiat Pariwisata di Bidang Guide juga warga Lempur, Kecamatan Gunung Raya memberikan saran kepada Pemerintah maupun kepada Bakal Calon pemimpin daerah yang ingin mencalonkan diri. Untuk dapat memilih program bukan hanya soal pembangunan secara fisik saja, namun juga lebih memperhatikan kondisi lingkungan yang saat ini cukup memprihatikan.

"Ini masalah lingkungan, terutama masalah sampah dan penebangan liar itu harus menjadi prioritas, data jual kita kerinci itu alamnya yang indah. Jangan sampai lingkungannya tidak diperhatikan," ujarnya. 

Sebagai penggiat pariwisata khususnya berkecimpung langsung di alam, dengan membawa wisatawan baik dalam dan luar negeri membuat Zacky miris dengan keadaan lingkungan sekitar saat ini. 

"Di Setiap jalan yang ada di Kabupaten Kerinci terdapat tumpukan sampah yang banyak, hal ini terbukti kurangnya pemahaman dan alat yang mempuni dalam pengelolaan sampah.

Harapannya semoga ke depan pihak terkait dan masyarakat bisa sama-sama sadar diri dalam menangani sampah," tutupnya. 

Dodi warga lain mengatakan dengan adanya keterlambatan pengangkutan membuat sampah menjadi menumpuk di TPS setiap Desa yang ada di Kabupaten Kerinci. 

Untuk itu, lanjutnya selaku warga dirinya berharap kepada Pemkab Kerinci, dalam hal ini Pj Bupati Kerinci, Asraf untuk bersikap tegas dalam mengatasi permasalahan sampah ini.

"Kita minta pak Pj Bupati bisa ambil sikap, karena permasalahan sampah sudah sangat dikeluhkan warga. Selain tumpukan sampah sudah mulai berbau, juga bisa saja berdampak pada kesehatan masyarakat," katanya.

Hingga saat ini Bidang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kerinci mengatakan hal ini akan segera turunkan petugas. Karena memang ada beberapa titik yang ada sampah, namun petugas kurang maka akan segera ditangani. (Hdp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: