Tahun Ini Formasi CPNS Bawaslu 18.557, Untuk Tuntaskan Honorer, Berikut Lima Besar Formasi yang Dibutuhkan

Tahun Ini Formasi CPNS Bawaslu 18.557, Untuk Tuntaskan Honorer, Berikut Lima Besar Formasi yang Dibutuhkan

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat menyerahkan izin prinsip formasi CASN Bawaslu ke Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, di Jakarta, Kamis (18/04).--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tahun 2024 Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) terima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Untuk tahun ini jumlah formasi CPNS di Bawaslu sebanyak 18.557 formasi.

"Rinciannya 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK, termasuk untuk formasi-formasi yang penting dalam mendukung kinerja Bawaslu seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor," ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat menyerahkan izin prinsip formasi CASN di lingkungan Bawaslu, Jakarta, Kamis (18/04).

Rekrutmen ini, lanjut Anas, juga diharapkan memberi kesempatan besar kepada para honorer/tenaga non-ASN di lingkungan Bawaslu yang selama ini sudah mengabdi kepada negara.

BACA JUGA:Formasi CPNS 2024 Kemenhub 18.017, Terbanyak Untuk PPPK, Berikut Rinciannya

“Pemerintah berharap penyerapan tenaga non ASN/honorer di Bawaslu bisa optimal menjadi ASN, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menuntaskan penataan tenaga non-ASN/honorer sesuai arahan Presiden,” ujar Anas.

Anas mengatakan, momentum ini diharapkan menjadi instrumen untuk mendorong kinerja Bawaslu yang dalam waktu dekat akan memiliki kerja besar dalam sejarah Pemilu di Indonesia, yaitu pemilihan kepala daerah serempak seluruh Indonesia.

BACA JUGA:2024, Formasi PPPK Pemprov Jambi 1.536, PPPK Pemkot Jambi 3.295 Formasi

"Mudah-mudahan nanti formasi ini bisa dioptimalkan dan harapan saya ini bisa mendorong target kinerja, termasuk dalam menyongsong Pilkada serentak di lebih dari 500 daerah yang baru pertama kali ini terjadi di Indonesia,“ jelas mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyampaikan apresiasi atas persetujuan izin formasi dari Kementerian PANRB.

"Kami berterima kasih banyak kepada Kementerian PANRB dan pemerintah yang memberikan 18.557 formasi kepada kami dan kami berharap teman-teman bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam bidang pengawasan Pemilu," ujarnya.

Bagja menjelaskan bahwa salah satu sasaran dalam rekrutmen CASN Bawaslu Tahun 2024 adalah para fresh graduate untuk membuat Bawaslu semakin baik dalam pengawasan bidang IT. Talenta baru juga diharapkan mampu melakukan sosialisasi di seluruh media sosial dan saluran informasi Bawaslu.

Dalam kesempatan itu, Bagja menyebutkan lima besar formasi yang akan direkrut di Bawaslu, yaitu Analis Hukum, IT, Analis Pengawasan, Analis Peraturan Perundang-Undangan dan Kebijakan Publik, dan Auditor.

"Karena akan berkaitan dengan pengawasan, terutama pencegahan dan penindakan saat menangani perkara-perkara yang masuk di Bawaslu,” tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: