Cabai di Jambi Makin Melejit, Sempat Tembus Rp 90 Ribu/Kilogram, Pemprov Jambi Pasok 14 Ton Cabai

 Cabai di Jambi Makin Melejit, Sempat Tembus Rp 90 Ribu/Kilogram, Pemprov Jambi Pasok 14 Ton Cabai

Ilustrasi cabai--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Menjelang perayaan keagamaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, harga pangan di Provinsi Jambi terus melejit naik.

Harga cabai merah misalnyasempat menembus angka Rp90 ribu per kilogram.

Untuk mengatasi melejitnya harga cabai ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyediakan sebanyak 14 ton cabai merah untuk dipasok ke pasar tradisional dan sekaligus menggelar operasi pasar di Jambi guna menekan harga.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Sudirman, Selasa (21/11).

"Hari ini (kemarin, red) kami operasi pasar, ada 14 ton cabai merah, cabai rawit, dan cabai hijau yang sampai saat ini masih dipusatkan di Pasar Angso duo dan di Pasar Talang Banjar,"ujarnya

Pemprov Jambi telah menggelar operasi pasar tersebut yang dilakukan di pasar-pasar tradisional di Jambi, di antaranya Pasar Angso Duo dan Pasar Talang Banjar, Kota Jambi.

Belasan ton komoditas cabai itu berasal dari luar Provinsi Jambi, yaitu dari Aceh dan Pulau Jawa. Kemudian pemerintah akan menjualnya sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) dan masih terjangkau oleh masyarakat.

“Karena sudah disubsidi, yang tidak perlu lagi biaya transportasi dan kita intervensi melalui dana BTT dan anggaran dari Dinas Ketahanan Pangan,” katanya lagi.

Dalam operasi pasar ini, Pemprov Jambi bekerja sama dengan Bank Indonesia, Perum Bulog Jambi, dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Operasi pasar ini juga merupakan bentuk intervensi pemerintah untuk mengendalikan harga bahan pangan yang akhir-akhir ini melonjak tinggi beserta menekan angka inflasi.

Sudirman juga mengungkapkan pengendalian inflasi di Jambi saat ini masih terkendali berada pada angka 2,4 persen dan masih terendah dan masih berada di tengah-tengah di level provinsi se-Indonesia.

Di bagian lain,  harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kota Jambi masih terpantau tinggi.

Seperti di Pasar Angso Duo Jambi, sejumlah komoditi sembako terpantau mengalami kenaikan harga.

Pada Selasa (21/11), harga cabai mencapai Rp 90 ribu per kilogram. 

Menurut salah seorang pedagang cabai di Pasar Angso Duo, Ita (46), sejak 1 minggu yang lalu harga cabai merah bertahan di kisaran harga Rp 90.000 hingga Rp 100.000 per kilogram. Harga sebelumnya berada di kisaran Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: