Cabai di Jambi Makin Melejit, Sempat Tembus Rp 90 Ribu/Kilogram, Pemprov Jambi Pasok 14 Ton Cabai

 Cabai di Jambi Makin Melejit, Sempat Tembus Rp 90 Ribu/Kilogram, Pemprov Jambi Pasok 14 Ton Cabai

Ilustrasi cabai--

"Harga cabai besar dan rawit merah memang masih mahal. Harga ini sejak 1 minggu yang lalu bertahan di harga kisaran Rp 90.000 hingga Rp 100.000 per kilogram," katanya.

Ia menambahkan bahwa, harga cabai rawit hijau bertahan di harga  Rp 55.000 berasal dari Jawa, bawang putih Rp 30.000, dan bawang merah Rp 25.000.

"Rawit hijau ini dari Jawa Rp 55.000, Bawang putih Rp 30.000, dan bawang merah Rp 25.000," tambahnya.

Menanggapi harga cabai yang tengah melonjak, seorang pembeli Dini (35) mengatakan bahwa, suapaya uang belanjanya tetap cukup, Ia selaku ibu rumah tangga mengurangi pembelian dan konsumsi cabai saat memasak untuk keluarganya.

"Untuk harga cabai yang masih mahal sampai saat ini, Saya sangat mengurangi konsumsi cabai saat memasak untuk keluarga, supaya uang belnja tetap cukup," katanya. 

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menegaskan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) seperti Disperindag dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan setempat untuk melaporkan perkembangan harga komoditas secara harian.

"Ini penting untuk melihat dinamika pergerakan harga. Selanjutnya semua perangkat daerah terkait juga harus segera melaksanakan beberapa upaya kongkrit pengendalian inflasi daerah seperti yang sudah dilaksanakan dengan baik selama ini," kata dia di Jambi, Senin

Sri juga meminta OPD terkait bergerak cepat mensinergikan seluruh sumber daya yang ada di Kota Jambi guna menyatukan persepsi dan menyiapkan langkah taktis mengantisipasi kenaikan sejumlah komoditas.

Hal itu untuk memastikan pergerakan harganya masih dalam batas kewajaran dan distribusinya tetap terjaga di Kota Jambi.

Selain itu Sri meminta beberapa OPD teknis terkait untuk mulai mengakselerasi langkah dalam menyikapi fenomena yang rutin terjadi tahunan tersebut.

"Saya tekankan beberapa tindak lanjut yang harus segera diambil terutama oleh perangkat daerah terkait untuk menyikapi hal ini," katanya.

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 Pemkot Jambi siap mengintervensi harga dengan menggelar operasi pasar dan gerakan pangan murah. Kegiatan itu akan melibatkan seluruh pemangku kebijakan terkait dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Jambi.

Selain itu, Pemkot Jambi melalui TPID Kota Jambi dan Satgas Pangan akan melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional, ritel modern dan pergudangan di Kota Jambi untuk mengantisipasi kelangkaan maupun penimbunan komoditas di Kota Jambi.

Pemkot Jambi selama ini telah melaksanakan 11 langkah kongkrit upaya pengendalian dan stabilisasi laju inflasi. 11 langkah kongkrit tersebut di antaranya sidak dan pemantauan secara berkelanjutan komoditas konsumsi masyarakat di berbagai pasar, ritel dan pergudangan, subsidi BBM bagi angkutan umum, operasi rutin atau intervensi operasi pasar bersama Bulog Jambi.

Dari pantauan harga cabai merah di Pasar Angso Duo Kota Jambi mencapai Rp80 ribu per kilogram sedangkan harga cabai rawit mencapai Rp55 ribu per kilogram. Harga bawang merah brebes mencapai Rp32 ribu per kilogram sedangkan harga ayam potong mencapai Rp25 ribu per kilogram. Diketahui inflasi di Kota Jambi pada Oktober 2023 sebesar 2,44 persen (yoy).(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: