Mendaki Danau Gunung Tujuh Kerinci Sebaiknya Nginap Camping atau Balik Hari?

Mendaki Danau Gunung Tujuh Kerinci Sebaiknya Nginap Camping atau Balik Hari?

Menikmati indahnya Danau Gunung Tujuh Kerinci di ketinggian 1.950 mdpl-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kalau mendaki Danau Gunung Tujuh KERINCI, sebaiknya nginap camping atau balik turun hari itu juga? Jawabannya mungkin bisa ditemukan di artikel Jambi Ekspres kali ini.

Danau Gunung Tujuh Kerinci merupakah salah satu danau yang berada di tengah Kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Danau ini bukan danau biasa, untuk menjangkaunya pengunjung harus mendaki dulu gunung setinggi di 2.055 mdpl (meter di atas permukaan laut), lalu lanjut menurun hingga mencapai 1.950, dekat posisi Danau Gunung Tujuh berada.

Bagi yang belum pernah ke sana, sering ada pertanyaan, mendaki Danau Gunung Tujuh Kerinci sebaiknya nginap camping atau balik hari?

Jawabannya adalah: dua-duanya bisa. Bisa menginap camping dan bisa juga balik hari.

Perbedaannya, hanya pada jam pendakian. Jika menginap, kamu  punya keleluasaan waktu pendakian.

Jika tidak camping, maka pendakian harus dilakukan lebih pagi karena harus menghitung waktu pulang turun kembali di hari yang sama dalam posisi terang, matahari masih bersinar terang.

Danau Gunung Tujuh merupakan Kawasan yang sangat indah dinikmati sepanjang waktu. Itu sebabnya banyak pengunjung yang memilih untuk camping jika telah sampai di sini.

Bagi pendaki pemula, memang dianjurkan untuk camping di area ini supaya bisa lebih lama menghabiskan waktu di Danau Gunung Tujuh dan agar bisa memiliki waktu luang untuk beristirahat.

Pendakian ke Danau Gunung Tujuh membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 4,5 jam dalam kecepatan standar, atau bisa lebih cepat untuk mereka yang memiliki fisik fit dan pengalaman yang lebih banyak.

Apabila berencana camping, maka pendakian bisa dilakukan tidak terlalu pagi karena tidak diburu waktu.

Pendakian ke sana bisa dilakukan dari Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro Kabupaten Kerinci. Pintu pendakian berada sekitar 54 kilometer dari Kota Sungai Penuh atau 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat.

Mereka yang camping di Danau Gunung Tujuh biasanya memilih waktu keberangkatan pukul 10 pagi, selain alasan suhu sudah mulai agak hangat, juga memperkirakan waktu sampai di Danau Gunung Tujuh dalam kondisi terang jadi punya waktu untuk mendirikan tenda dan persiapan camping lainnya.

Jika ingin menikmati alam di jalur pendakian, dan ingin lebih banyak waktu berhenti, maka waktu pendakian bisa dipercepat lagi.

BACA JUGA:Amazing! Bisa Memandang Danau dan Gunung Kerinci Sekaligus dari Bukit Telasih

Sepanjang jalur pendakian di Danau Gunung Tujuh kita bisa menemukan beragam flora dan fauna yang hidup di Danau Gunung Tujuh.

Di jalur-jalur ini ada banyak jenis burung dan jika sedang beruntung kita juga bisa bertemu dengan gerombolan Siamang yang saring sahut satu sama lain.

Bagi kamu penyuka dunia fotografi, bisa serta membawa kamera dan berhenti di spot yang nanti akan ada banyak jenis burung dan Siamang.


Pendaki Danau Gunung Tujuh bisa pula mengambil foto Siamang yang hidup bebas di jalur pendakian-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

Konon, di Kawasan Danau Gunung Tujuh hidup juga orang pendek yang disebut ‘Uhang Pandak’. Cerita keberadaan Uhang Pandak setinggi setengah meter itu sempat heboh.

Namun sayang setelah serangkaian penelitian yang dilakukan oleh peneliti di sana, belum ada yang mempublikasikan bukti penemuan mereka terhadap keberadaan Orang Pendek, meski warga lokal ada yang mengaku pernah melihat Orang Pendek.

BACA JUGA:Cara Naik Gunung Dempo Menembus Jalur Lutut Bertemu Dagu Hingga Sampai ke Puncak

Mendaki Danau Gunung Tujuh kita akan bertemu dua pos untuk pemberhentian. Pos pertama sekitar 30 atau 1 jam perjalanan dari pintu rimba, kemudian di Pos 2 berada di ketinggian 1,840 mdpl atau di jarak 1,5 kilometer dari pos pendakian.

Pihak Balai Besar TNKS sebagai pengelola Danau gunung Tujuh juga menyiapkan tiang-tiang beton sebagai penanda perjalanan.

Ada 38 tiang, jadi bisa dihitung saja, misalnya kamu sudah bertemu tiang no 37, maka sisa perjalanan hanya tinggal 1 tiang lagi.


Tiang penanda perjalanan yang diberikan nomor 1-38-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

Mari tetap lanjutkan perjalanan,  hingga akhirnya nanti kita akan sampai di puncak jalur Pendakian Danau Gunung Tujuh di 2.055 mdpl.

Tapi Danau Gunung Tujuh tidak berada di puncak gunung yang kita daki ini, namun berada di bawahnya.

Jadi saat sudah telah sampai di puncak kita lanjutkan perjalanan turun ke bawah sekitar 15-20 menit untuk sampai ke bawah.

Dan akhirnya, sampai juga kita di Danau Gunung Tujuh! Tepat di ketinggian 1.950 mdpl.

BACA JUGA:Penjaga Gunung Kerinci Angkat Suara Soal Balita Mendaki Sampai ke Puncak Dibawa Ayahnya
 
Danau yang sangat indah diciptakan Tuhan di Kerinci. Rasa lelah perjalanan akan langsung terbalas, rasa capek seketika akan hilang,m takjub menyaksikan ada danau di ketinggian.

Ya, Danau Gunung Tujuh sangat berbeda, tak sama dengan wisata danau Toba, atau Danau Kerinci atau danau-danau lainnya di Indonesia, karena konon ini adalah danau yang berada di permukaan tertinggi di Asia Tenggara.

Airnya sekilas sangat tenang, namun hati-hati, jika berniat mandi, pastikan dulu suhu tubuh anda terbiasa dengan cuaca dingin karena danau ini airnya sangat-sangat sejuk.

Bagi yang berniat menginap atau camping silahkan bangun tenda di space camping yang telah tersedia dan siapkan segala sesuatunya sesuai dengan standar pendakian untuk keamanan dan kenyamanan.

BACA JUGA:Danau Gunung Tujuh Bersinar di Tengah Kawasan Situs Warisan Dunia

Bagi yang ingin balik hari, pastikan juga kesiapan cadangan makanan cukup, nikmatilah dulu sepuasnya alam di sekitar danau, membuat dokumentasi dan ukir kenangan sebanyak mungkin selama di sini. Jika telah puas, baru turun kembali.

Sebenarnya apa kesiapan utama lain yang diperlukan jika ingin mendaki Danau Gunung Tujuh?Tentu saja siapkan kesehatan dan fisik, apalagi bagi pemula yang memang belum pernah melakukan pendakian sebelumnya, sangat disarankan berolahraga rutin sebelum berkunjung dan berwisata ke sana.


Jalur pendakian Danau Gunung Tujuh Kerinci-Tangkap Layar Youtube Rikas Harsa-

Paling tidak sebulan sebelum naik ke Danau Gunung Tujuh sudah rajin berolahraga. Olahraga yang berkaitan dengan kekuatan otot kaki, entah sekedar berjalan kaki atau lari. Karena jalur pendakian di sini terbilang tidak mudah untuk pemula, butuh ketahanan fisik juga.

Bagaimana? Siap menjadi salah satu orang beruntung yang bisa menikmati keindahan danau Gunung Tujuh? Siapkan segera waktu, fisi dan teman yang tepat. (dpc)

BACA JUGA:Cara Naik Gunung Kerinci Tak Boleh Asal Mendaki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: