Danau Gunung Tujuh Bersinar di Tengah Kawasan Situs Warisan Dunia

Danau Gunung Tujuh Bersinar di Tengah Kawasan Situs Warisan Dunia

Pesona Danau Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci-Tangkap Layar Youtube Bodink Anventure-

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Ada satu lokasi wisata danau di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi yang posisinya bersinar di tengah kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO, Taman Nasional Kerinci Seblat.

Namanya Danau Gunung Tujuh. Dikatakan Gunung Tujuh karena danau ini memang dikeliling oleh tujuh gunung.

Sangat unik, danau ini tidak berada di dataran yang rendah tapi Danau Gunung Tujuh berada pada ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut.
 
Danau kaldera yang konon juga tertinggi di Asia Tenggara ini memiliki luas sekitar 960 hektar, panjangnya 4,5 km dan lebarnya sekitar 3 km.

Danau Gunung Tujuh bukanlah wisata alam biasa karena untuk menuju ke tepi danau ini pengunjung harus mendaki terlebih dahulu.

Bagi pendaki pemula, lokasi ini sangat direkomendasikan karena jalurnya termasuk kategori sedang.

Butuh sekitar 2 hingga 3 jam waktu pendakian untuk bisa sampai ke lokasi Danau Gunung Tujuh dengan perjalanan santai.

Namun untuk menuju ke sini tetap butuh persiapan khusus karena ini tergolong wisata adveture di Kerinci.

Mulai dari tas gunung, air cadangan, baju cadangan, jas hujan, matras dan sleeping bag untuk beristirahat atau yang berniat camping di sana serta perlengkapan serba guna seperti pisau, korek, dan lainnya.

Tak kalah penting adalah cadangan makanan, mengingat ini adalah Kawasan pegunungan, siapkan stok makanan sesuai dengan waktu yang direncanakan.


Menikmati secangkir kopi hangat di pinggir Danau Gunung Tujuh Kerinci yang berada di tengah kawasan Situs Warisan Dunia TNKS-Tangkap Layar Youtube Bodink Anventure-

Jika berniat menginap atau camping sediakan sesuai durasi di sana, atau jika berniat balik hari, berangkat pagi pulang sore, siapkan cadangan sesuai kebutuhan.

Selain itu, juga dibutuhkan kesehatan dan kesiapan fisik, apalagi bagi pemula yang memang belum pernah melakukan pendakian sebelumnya.

Disarankan berolahraga rutin sebelum berkunjung dan berwisata ke sana.

Khusus untuk pemula, paling tidak sebulan sebelum naik ke Danau Gunung Tujuh sudah rajin berolahraga. Olahraga yang berkaitan dengan kekuatan otot kaki, entah sekedar berjalan kaki atau lari.

Memulai pendakian bisa dilakukan dari Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci. Sekitar 54 kilometer dari Kota Sungai Penuh atau 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat.

Di sepanjang jalur pendakian, pengunjung nanti akan disuguhkan pemandangan Kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat.

Berbagai jenis tanaman dan pohon akan dilewati. Jika beruntung juga akan bertemu dengan beberapa hewan di sini, diantara burung-burung.

Konon, di Kawasan Danau Gunung Tujuh juga ada Orang Pendek. Orang Pendek atau ‘Uhang Pandak’ heboh dikatakan sebagai makhluk bertinggi badan sekitar 50 cm dan mampu lari, hilang secepat kilat.

Namun sayang setelah serangkaian penelitian yang dilakukan oleh peneliti di sana, belum ada yang mempublikasikan bukti penemuan mereka terhadap keberadaan Orang Pendek, meski warga lokal ada yang mengaku pernah melihat Orang Pendek.

Jika telah sampai di atas, maka kita akan menemukan Danau Danau Gunung, salah satu lokasi wisata yang sangat indah diciptakan Tuhan di Kerinci. Rasa lelah perjalanan akan langsung terbalas, rasa capek hilang seketika.

Ya, Danau Gunung Tujuh sangat berbeda, tak sama dengan wisata danau Toba, atau Danau Kerinci atau danau-danau lainnya di Indonesia, karena ini adalah danau yang berada di permukaan tinggi di Indonesia.

Airnya sekilas sangat tenang, namun hati-hati, jika berniat mandi, pastikan dulu suhu tubuh anda terbiasa dengan cuaca dingin karena danau ini airnya sangat-sangat sejuk.

Jika ingin camping tersedia beberapa space camping yang tidak terlalu luas namun cukup untuk mendirikan tenda dan beraktivitas.

Kalau beruntung, kita juga bisa menyaksikan nelayan, warga lokal yang mencari ikan di sana. Memang tak banyak, karena nelayan yang mencari ikan di sini hanya 1 atau 2 orang saja.

Namun ini akan jadi pemandangan unik, bagaimana bisa di atas gunung yang menjulang itu, ada nelayan yang mencari ikan.

Jika diizinkan kita juga bisa membeli ikan pada nelayan tersebut, lalu ikannya dimasak atau dibakar di pinggir Danau Gunung Tujuh, hmm..sangat seru dan nikmat.

Jadi, kapan berencana berkunjung dan berwisata ke Danau Gunung Tujuh? Segera siapkan waktu, berangkatlah dengan orang-orang yang dekat di hati anda, nikmati kebersamaan sambil menikmati pemandangan semesta, karunia terindah dan bersinar dari sang Pencipta. (dpc)







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: