Pengabmas Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jambi

Pengabmas Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jambi

Dosen, mahasiswa dan tim bidan desa serta undangan lain saat foto bersama--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jambi, kali ini menyasar Desa Sukamaju Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi.

Da;am Pengabmas kali ini  mengangkat topik Pemberdayaan Kader Remaja dan Remaja untuk Cegah Stunting dengan Gizi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, di Desa Sukamaju Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi tahun 2023. Tim ini berasal dari dosen Poltekkes Kemenkes Jambi yakni Ajeng Galuh Wuryandari, SST, MPH, Nurmisih LY, SPd, MKes, Pauline Kusmaryati, S.ST, M.Bmd dan Ry Eny Mian Marisi.S, S.ST, M.KM.

"Dan juga beranggotakan mahasiswa Jurusan Kebidanan yakni Gestol Wulandari, Nur Kamillatun Nekma dan Ulfa Maria," kata Ajeng Galuh Wuryandari, SST, MPH Kamis (5/10).

Disamping itu kegiatan ini juga terdiri tim bidan desa yakni Irmasari Purba,S.Tr Keb dan Yustina Suparyati,S.Tr Keb. Dalam kegiatan dilakukan Sesi Pemberian materi  sebanyak 3  kali pertemuan.

"Pertemuan membahas pentingnya mengukur status gizi secara antropometri. Cara  mengategorikan  status  gizi. Cara  menggunakan  alat  antropometri  secara  benar. Peningkatan promosi kesehatan untuk remaja tentang Gizi seimbang. Pencegahan masalah gizi pada remaja, dan peran kader remaja dalam pencegahan stunting," jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik  Pengukuran Antropmetri dan Praktik mengategorikan  status  gizi. Dengan kegiatan yang dilakukan diharapkan peserta dapat memahami dalam pencegahan stunting.

"Yang pada akhirnya dapat mengurangi angka stunting di Desa Sukamaju Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi," tandasnya.

Dalam kegiatan, baik pembukaan dan penutupan dihadiri SekDes M.Hambali., M.Sos, Kepala Puskesmas dr. Dewi Lidiya Astuti, Bidan Koordinator Puskesmas Pondok Meja Fatika septiyani., S.Keb., PJ Kespro Puskesmas Pondok Meja Rimanisa., S.TrKeb. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: