Selesai Tunaikan Rangkaian Ibadah Haji, Jemaah Haji Kloter BTH 18 Provinsi Jambi Bersiap Pulang Ke Tanah Air

Selesai Tunaikan Rangkaian Ibadah Haji, Jemaah Haji Kloter BTH 18 Provinsi Jambi Bersiap Pulang Ke Tanah Air

Selesai Tunaikan Rangkaian Ibadah Haji, Jemaah Haji Kloter BTH 18 Provinsi Jambi Bersiap Pulang Ke Tanah Air--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Jemaah haji provinsi Jambi yang tergabung dalam Kloter BTH 18 tengah bersiap kembali ke tanah air pasca menunaikan rukun Islam kelima, yakni melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Ketua Kloter BTH 18, Amiruddin menyampaikan bahwa jemaah haji Kloter BTH 18 telah usai melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji, baik rukun dan wajib haji dengan baik.

Amiruddin mengungkapkan bahwa rombongan Kloter BTH 18 berangkat menuju Jeddah, Arab Saudi. “Jemaah haji Kloter BTH 18 didorong dari hotel penginapan, Syisyah dan Attalya, Mmekkah ke Jeddah mulai pukul 15.00 was sd pukul 16.00 WAS dengan menggunakan 9 bus.

Jemaah haji Kloter BTH 18 yang akan bertolak kembali ke tanah air sebanyak 371 orang, yakni 366 jemaah dan 5 orang petugas haji. Ditambah 2 jemaah tanazul dari Kloter BTH 23 Provinsi Jambi. Sehingga, total jemaah haji yang akan bertolak kembali bersama berjumlah 373 orang.

Sementara itu, ada 1 jemaah haji Kloter BTH 18 yang akan ditanazulkan bergabung dengan kloter lain. Dan sebagaimana diketahui bahwa, 1 jemaah haji Kloter BTH 18 wafat atas nama Hari Sugiharjo Soehari Wiryosiswanto berusia 65 tahun dari Kota Jambi yang wafat pada Senin (3/7) pukul 23.00 WAS.

Perlu diketahui bahwa tanazul adalah mutasi atau perpindahan jemaah dari salah satu Kloter ke Kloter lain, baik dipercepat maupun diperlambat dari jadwal pemulangan yang seharusnya yang disebabkan karena alasan kesehatan maupun dikarenakan hal penting yang tidak bisa ditinggalkan.

Sesuai jadwal, jemaah haji Kloter BTH 18 dijadwalkan bertolak kembali dari Jeddah menuju Jambi melalui debarkasi Batam pada Selasa (18/8) sekitar pukul 00.10 WAS dan diperkirakan akan tiba Batam pada Selasa (18/7) sekitar pukul 15.40 WIB. Selanjutnya, para jemaah haji akan diterbangkan dari Batam ke Jambi sekitar pukul 19.40 dan 19.55 WIB. Para jemaah haji diperkirakan akan tiba di Jambi sekitar pukul 20.40 dan 20.55 WIB. Untuk selanjutnya dimobilisasi menggunakan bus menuju asrama haji provinsi Jambi untuk mengikuti acara seremonial serah terima jemaah haji sekitar pukul 22.40 WIB.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh PPPIH Provinsi Jambi, para jemaah haji dari Kabupaten Tanjung Barat Kloter BTH 18 tersebut akan menginap di Asrama Haji Provinsi Jambi untuk selanjutnya akan dipulangkan menuju daerah asal pada keesokan harinya sesuai dengan pengaturan PPIH kabupaten tersebut.

Sebagaimana dengan jemaah haji kabupaten Tanjung Jabung Barat, maka demikian pula halnya dengan jemaah haji asal Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sesuai dengan pernyataan PPIH Kabupaten Tanjung Timur, M. Ikbal selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Timur, maka jemaah haji Kabupaten Tanjung Jabung Timur akan menginap di asrama haji dan akan kembali ke daerah asal keesokan paginya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: