ALHAMDULILLAH! 373 Jemaah Haji Kloter BTH 19 Provinsi Jambi Tiba Kembali di Jambi

ALHAMDULILLAH!  373 Jemaah Haji Kloter BTH 19 Provinsi Jambi Tiba Kembali di Jambi

373 Jemaah Haji Kloter BTH 19 Provinsi Jambi Tiba Kembali di Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Bertolak kembali dari Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah pada Rabu (19/7) sekitar pukul 05.50 Waktu Arab Saudi (WAS), sebanyak 373 jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) BTH 19 tiba di Asrama Haji Provinsi Jambi pada Kamis (19/7) sekitar pukul 02.30 WIB yang langsung diarahkan oleh Pembantu Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) Provinsi Jambi untuk mengikuti proses serah terima jemaah haji ke PPIH Kabupaten/Kota asal jemaah haji.

Berbeda dari Kloter BTH 17 dan Kloter BTH 18, pemulangan Kloter BTH 19 dari Arab Saudi ini memang akan diberangkatkan melalui Madinah karena termasuk pada gelombang kedua.

Ketua Kloter BTH 19, H. Mahyuzar Rahman melaporkan ketika tanggal 7 Juni 2023, Ketua Kloter BTH 19 menerima bendera merah putih sebagai simbolis penyerahan 374 jemaah yang terdiri dari 369 jemaah dari Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi ditambah 5 petugas haji Kloter BTH 19 Provinsi Jambi menuju Jeddah , Arab Saudi.

Dan saat ini, Ketua Kloter BTH 19 Provinsi Jambi membawa rombongan 373 jemaah yang terdiri dari 368 jemaah ditambah 5 petugas haji. Dimana, 1 jemaah haji masih berada di Arab Saudi atas nama H. Sutarno Pawirahhardjono Abdullah (69) dari Kota Jambi sebab sedang mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit King Fahd Madinah sehingga harus tanazul bergabung dengan kloter lain nantinya.

Dirinya mengucapkan mengucapkan syukur bahwa rombongan jemaah haji Kloter BTH 19 dapat melaksanakan rangkaian haji dan tiba di Jambi dengan selamat, sekaligus berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan secara penuh kepada para petugas kloter untuk memberikan pelayanan ibadah kepda jemaah haji Kloter BTH 19 Provinsi Jambi. “Semoga Bapak/Ibu sekalian dan kita dapat menjalin persatuan dan kesatuan dan rasa kasih sayang ini,” harapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi sekaligus Penanggung Jawab PPPIH Provinsi Jambi. H. Zoztafia bersukur dan berbahagia atas dimampunya seluruh rombongan Kloter BTH 19 dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji, baik rukun haji, wajib haji, dan bahkan ibadah sunah lainnya.

Sekaligus berharap status haji mabrur yang disandang senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yang nampak dalam sikap dan perilaku kesehariannya setelah kembali ke daerah asal nanti disertai membawa dampak positif di tengah masyarakat. “Tolong jaga kemabruran haji tersebut dengan selalu mendekatkan diri secara pribadi kepada Allah SWT disertai membawa dampak postif kepada keluarga dan masyarakat sekitar dengan menjaga ukhuwah Islamiyah dan menjadi contoh yang baik dengan mengajarkan agama yang baik, agama yang toleran, yang tenang, damai dalam kehidupan,” pesan beliau.

Mewakili pemerintah, H. Syarif Pasha selaku Wali Kota Jambi bersyukur atas kepulangan para jemaah haji kembali ke Jambi dengan selamat. “Alhamdulillah Bapak/Ibu sudah kembali dengan selamat ke tempat tercinta ini Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah setelah berangkat pukul 06.00 WIB dari Madinah dengan tentunya tiba di tempat ini dalam kondisi capek. Mudah-mudahan, kondisi capek Bapak/Ibu sekalian terobati setelah nanti bertemu berkumpul kembali bersama keluarga,” ujar beliau.

Wali Kota Jambi mengajak agar seluruh jemaah haji turut mendoakan para jemaah haji provinsi Jambi yang telah wafat di tanah suci dengan mengirimkan Al-Fatihah. Serta mendokan jemaah haji provinsi Jambi yang saat ini masih dalam perawatan di tanah suci.

Beliau meminta para jemaah haji yang tergabung dalam rombongan kloter tersebut tetap menjaga kebersaama dalam jalinan tali silaturahmi yang terus terjaga melalui saling berkomunikasi satu sama lain. Dan terpenting, setelah kembali nanti ke tengah masyarakat, Wali Kota Jambi tersebut meminta agar para jemaah haji tetap menerapkan apa yang sudah didapatkan selama di tanah suci, terutama dari penerapan penampilan, sikap dan perilaku keseharian harus menggambarkan sosok yang benar-benar haji mabrur dan mabrurah. “Jangan berubah nanti setelah kembali ke keluarga dan ke tengah masyarakat,” seru beliau.

Wali Kota Jambi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama RI yang menurut pengamatan telah mampu menyelenggarakan ibadah haji di Arab Saudi dengan fasilitas yang lebih baik, baik dari segi akomodasi maupun layanan konsumsi yang lebih. “Kalaupun ada cerita satu atau dua yang kurang baik, namun tidak menghilangkan gambaran baiknya pelayanan penyelenggaraan ibadah haji di tanah suci,” ungkap beliau.

Salah seorang jemaah haji Kloter BTH 19, Chairil Sabirin Arfan mengaku bersyukur bahkan terpantau sempat menangis terharu sambil memeluk salah seorang PPPIH Provinsi Jambi sebab telah dimampukan menunaikan ibadah haji dengan keterbatasan langkah karena harus dibantu dengan dorongan kursi roda oleh petugas haji dan tiba dengan selamat di Jambi.

Jemaah haji Kota Jambi tersebut mengucapkan terima kasih atas segala pelayanan petugas haji selama berada di tanah suci yang menurutnya telah banyak membantumya dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji. “Petugas haji yang membantu mendorong kursi rodanya ketika melaksnaakan ibadah haji. Jemaahnya kan banyak ratusan, namun tetap dibantu,” tuturnya.

Selain itu dirinya mengapresiasi layanan konsumsi selama berada di tanah suci. “Makanannya enak dan diberikan tepat waktu. Kalaupun ada kurang sana sini, kami maklumi saja karena jemaah yang dilayani rarusan bahkan ribuan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: