Pelayanan Haji Sudah Baik, Berikut Beberapa Apresiasi Kepuasan Jemaah Haji Kloter BTH 17 Jambi

Pelayanan Haji Sudah Baik, Berikut Beberapa Apresiasi Kepuasan Jemaah Haji Kloter BTH 17 Jambi

Jemaah haji provinsi Jambi telah usai menunaikan rukun Islam kelima, yakni melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Jemaah haji provinsi Jambi telah usai menunaikan rukun Islam kelima, yakni melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci. Jemaah haji provinsi bersyukur dimampukan oleh Allah SWT dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. Demikianlah penuturan salah seorang jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) BTH 17, H. Muhammad Yusuh Bahrun (53) yang berasal dari Kelurahan Dusun Kebun Kecamatan Batang Asam, Tanjung Jabung Barat.

“Bersyukur dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji ini. Insya Allah diridhoi oleh Allah semua rangkaian ibadah haji disamping dijadikan haji yang mabrur,” ujar beliau.

Dengan antusias diselimuti muka berseri, dirinya mengungkapkan pelayanan ibadah haji yang diterima selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci sangat baik sehingga proses pelaksanaan rangkaian ibadah haji dapat berjalan dengan lancar. Dirinya berterima berkasih atas kepada seluruh petugas haji yang telah memberikan pelayanan terbaiknya, baik petugas haji di Arab Saudi maupun petugas haji dari Indonesia.

Segi pelayanan konsumsi sangat baik yang sudah menyuguhkan konsumsi berupa makanan yang sesuai dengan cita rasa Indonesia. “Dari segi konsumsi sangat berterima kasih dengan kateringnya sangat baik. Rasa masakannya rasa masakan Indonesia dimana nasinya enak, lauknya enak, makannya enak,” tuturnya penuh ceria.

Pelayanan transportasi cukup lancar dalam pengangkutan para jeamaah guna mendukung kemudahan bagi para jemaah untuk beribadah. “Transportasi ke Mekkah, Madinah, maupun untuk beribadah ke Masjidil Haram lancar. Begitu juga di Madinah, Mina yang alhamdulillah dapat didukung dengan transportasi yang lancar sehingga memudahkan jemaah dalam beribadah,” imbuhnya.

Dirinya juga merasakan kepuasan atas pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Tanjung Jabung Barat maupun PPPIH Provinsi Jambi yang telah memberikan pelayanan terbaiknya baik dalam fase pemberangkatan maupun penyambutan pada fase pemulangan. “Sangat puas sekali, khususnya panitia dari Tanjung Jabung Barat dan semuanyalah panitia di asrama haji yang telah memperhatikan seluruh jemaah,” ungkapnya.

Dirinya melihat tidak ada kendala berarti yang dialami para jemaah haji, khususnya kloter BTH 17 Provinsi Jambi selama pelaksanaan ibadah haji. “Cuma kalua dari Kesehatan akibat perubahan cuaca paling kalua ada batuk-batuk. Namun, alhamdulillah tidak mempengaruhi daripada kualitas ibadah

Terselip harapan dan doa olehnya bahwa akan lebih banyak lagi jemaah haji provinsi Jambi yang terpanggil melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya.

Seorang jemaah haji lain bernama H, Ismail Mahdhari Busthami (65) pun tak ketinggalan memberikan apresiasi atas pelayanan terbaik yang diberikan oleh para petugas haji Kloter. “Pengalaman selama berada di tanah suci, seluruh petugas kloter sangat kompak dan telah melaksanakan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.

Sesuai dengan slogan Haji Ramah Lansia, maka pelayanan penyelenggaraan ibadah haji diprioritaskan pada optimalisasi pelayanan kepada jemaah haji lanjut usia (lansia) sesuai slogan Haji Ramah Lansia. Hal inilah yang turut dirasakan oleh jemaah haji yang masih tergolong sangat muda, yakni berusia 21 tahun atas nama Muhammad Ispan Komara. “Tahun ini, petugas hajinya baik-baik, apalagi kepada jemaah haji lanjut usia,” tuturnya.

Ketua Kloter BTH 17, H. Aspendri Indra Kisman Idris mengungkapkan bahwa pelayanan di Arab Saudi oleh pihak maktab selaku pihak yang diberi kewenangan Pemerintah Arab Saudi untuk mengurus penyiapan layanan jemaah haji, termasuk asal provinsi Jambi sangat baik.

Pelayanan bagi jemaah haji selama berada di tanah suci sudah cukup baik, khususnya yang dirasakan langsung oleh jemaah haji lansia. Walaupun, kedepannya perlu peningkatan fasilitas yang lebih ramah bagi jemaah haji lanjut usia (lansia), seperti toilet dan transportasi pengangkutan jemaah lansia.

Dirinya mengaku bahwa petugas Kloter BTH 17 tidak menerima keluhan apapun dari jemaah selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. “Sampai saat ini tidak ada keluhan dari jemaah. Jemaah merasa bahagia, merasa terlayani. Apalagi yang jemaah haji lansia merasa terlayani dengan baik,” imbuhnya.

H. Aspendri mengapresiasi pelayanan maksimal yang dilakukan oleh PPPIH Provinsi Jambi mulai dari pemberangkatan dan termasuk pemulangan. Sehingga, jemaah haji merasa nyaman dalam penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: