Pemkab Tanjabbar Awasi Hewan Kurban Dalam kondisi Sehat

Pemkab Tanjabbar Awasi Hewan Kurban Dalam kondisi Sehat

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Merangkak Naik--

KUALATUNGKAL, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jelang hari raya idul Adha 2023, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) kabupaten Tanjung Jabung Barat, awasi hewan kurban agar kondisi sehat dan baik di konsumsi.

Rimond Administrator kabid peternakan Disbunak Tanjabbar mengatakan, tim Disbunak turun langsung memastikan kesehatan hewan kurban.

"Tahun ini sama seperti tahun sebelumnya dan kita sudah buat tim untuk melakukan pengawasan hewan kurban dan memeriksa kesehatan hewan jenis sapi dan kambing," jelasnya.

Rimond melanjutkan, tim Disbunak akan turun langsung mengecek hewan ternak tingkat pedagang maupun pengecekan di rumah potong hewan

Hal Ini dilakukan untuk memastikan hewan siap dijual dan dipotong bahkan nanti setiap tahunnya 7 hari jelang idul adha akan di cek dokter hewan.

Tim Disbunak terus berkoordinasi dengan pemilik hewan kurban maupun pedagang hewan kurban jika ditemukan penyakit bisa lagsung melaporkan ke Disbunak.

"Tujuannya hewan yang terkena penyakit bisa lagsung ditindak lanjuti sesuai aturan yang berlaku, agar tidak menular pada hewan yang lain," tambahnya.

Dengan dilakukannya pengawasan dan pemeriksaan diharapkan tidak dak ada penyakit mulut dan kuku (PMK) seperti tahun lalu.

"Harapannya tidak ada penyakit PMK khususnya seperti tahun lalu dan hewan kurban dalam keadaan sehat dan baik di konsumsi. Sejauh ini untuk tahun ini tidak ditemukan kasus PMK Tanjabbar," tutupnya.(Sun)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: