Avanza Rp26.000 Truk Rp40.000, Tarif Tol Medan-Binjai Resmi Naik Rabu Tengah Malam

Avanza Rp26.000 Truk Rp40.000, Tarif Tol Medan-Binjai Resmi Naik Rabu Tengah Malam

Tol Medan-Binjai akan memberlakukan tarif baru dalam waktu dekat. Ilustrasi jalan tol trans Sumatera-Foto: Dok Hutama Karya-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - PT Hutama Karya selaku pengelola jalan Tol Medan-Binjai resmi menaikkan tarif tol Medan-Binjai mulai Rabu 18 Mei 2023 jam 00.00 tengah malam.

 

Adapun kenaikan tarif tol Medan Binjai ini, untuk kendaraan Golongan I: semula Rp13.000 menjadi Rp26.500, kendaraan golongan I ini diantaranya sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus termasuk kendaraan jenis Avanza atau Xenia.

 

Sementara tarif untuk kendaraan Golongan II dan III seperti truk besar dengan dua gandar dan tiga gandar, semula tarifnya Rp19.500 naik menjadi Rp40.000

 

Jika anda membawa kendaraan 4. Golongan IV dan V: truk besar dengan empat gandar dan lima gandar, tarifnya semula Rp26.000 naik menjadi Rp53.500

 

Dalam keterangan resmi Hutama Karya, disebutkan tol Medan-Binjai seharusnya telah mengalami kenaikan tarif tahun 2019 lalu.

 

“Namun karena pandemi COVID-19 dan kenaikan harga BBM hingga 30% pada seluruh sektor industri, jadi faktor penundaan penyesuaian," kata Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro Senin (15/5).

 

Tak hanya Tarif tol Medan-Binjai, kenaikan juga berlaku untuk tol urutannya seperti Tol Tanjung Mulia-Helvetia, Tol Tanjung Mulia-Semayang, Tol Marelan-Helvetia, tol Marelan-Semayang, Tol Marelan-Binjai, Tol Helvetia-Semayang, Tol Helvetia-Binjai dan Tol Semayang-Binjai.

 

Kenaikan tarif berlaku untuk pergi dan pulang, berangkat dan sebaliknya.

 

Kenaikan tarif Tol Medan-Binjai ini juga telah dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 456/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Besaran tarif Tol Medan-Binjai pada 18 April 2023.

 

Hutama Karya kata Koentjoro juga telah melakukan sosialisasi penyesuaian tarif ini kepada masyarakat umum selaku pengguna Tol Medan-Binjai.

 

Juga telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) Internal Virtual Terbatas S dengan regulator, stakeholder serta Key Opinion Leader (KOL).

 

FGD sekaligus sosialisasi Penyesuaian Tarif Tol Medan-Binjai termasuk tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

 

"Kami berdiskusi dan mendapatkan banyak masukan dan dukungan atas penyesuaian tarif tol Medan-Binjai, dengan harapan peningkatan level of service Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif," tambahnya lagi.

 

Berikut Daftar Tarif Tol Medan-Binjai

 

Tanjung Mulia-Helvetia atau sebaliknya

Golongan I: Semula Rp 2.500 menjadi Rp 10.500

Golongan II dan III: Semula Rp 4.000 menjadi Rp 16.000

Golongan IV dan V: Semula Rp 5.500 menjadi Rp 21.500

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: