Ini Lokasi Rest Area Tol Padang-Sicincin dengan Misteri Bukit Aneh dan Pohon Keramatnya

Ini Lokasi Rest Area Tol Padang-Sicincin dengan Misteri Bukit Aneh dan Pohon Keramatnya

Jalan Tol Padang-Sicincin terus dikebut pekerjaannya. Terlihat Pohon Keramat di Bukit Aneh sekitar lokasi rest area Parit Malintang-Foto: Tangkapan layar Youtube Padang Yes-

PADANG, JAMBEKSPRES.CO.ID - Banyak yang penasaran, dimana lokasi lokasi rest area Tol Padang-Sicincin yang ada di Sumatera Barat.

 

Rest Area Tol Padang-Sicincin ternyata berada di STA 22 + 500 di Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

 

STA 22 + 500 berarti lokasi rest area Parit Malintang ini terletak pada jarak 22 kilometer dan 350 meter dari awal pekerjaan di Padang.

 

Rest Area Padang-Sicincin akan ada dua, berada di sisi kanan dan sisi kiri jalan tol.

 

Rest Area ini jika dilihat dari peta, tak jauh dari Kantor Bupati Padang Pariaman atau sekitar 1 kilometer.

BACA JUGA:Tol Riau Berpeluang Pecah Telur Terkoneksi Duluan, Tol Jambi Sumbar dan Bengkulu Mohon Banyak Sabar

BACA JUGA:Mengintip Lokasi Gerbang Tol Padang-Pekanbaru yang Rancak Bana

BACA JUGA:Avanza Rp26.000 Truk Rp40.000, Tarif Tol Medan-Binjai Resmi Naik Rabu Tengah Malam

 

Lokasi Rest Area Tol Padang-Sicincin Parit Malintang ini berada di Bukit Simaung atau Bukit Aneh yang semula merupakan perbukitan kemudian didatarkan oleh pihak pengembang dengan menggunakan alat berat.

 

Ada yang menarik saat pekerjaan di lokasi rest area ini, ketika Bukit Aneh hendak didatarkan dengan alat berat, ada satu pohon di atas Bukit Aneh yang tidak berhasil ditebang dengan sekali pekerjaan.

 

Kemudian oleh pekerja tol, pohon itu diberi nama Pohon Keramat. “Sudah beberapa kali dicoba tapi belum berhasil, ditebang” ujar pemilik akun Youtube Minang Yes yang mengambil video di lokasi Bukit Aneh.

 

Terakhir Pohon Keramat ini berhasil juga ditebang, lokasi pun sudah datar. Tanah dari Bukit Aneh kemudian dijadikan sebagai timbunan untuk pekerjaan ruas Tol Padang-Sicincin.

 

Saat ini beberapa bangunan di rest area Parit Malintang Tol Padang-Sicincin juga telah mulai rampung dan terlihat sudah berdiri.

 

Dalam target, di rest area Parit Malintang ini akan tersedia sekitar 100 hingga 150 kios yang nantinya bisa juga dimanfaatkan oleh pelaku usaha lokal untuk menjual produk-produknya.

 

Marthen Robert Singal, Direktur Proyek Jalan Tol Padang Pekanbaru PT Hutama Karya kepada media beberapa waktu mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait pelaku UMKM yang akan mengisi rest area ini.

 

Jalan tol Padang-Sicincin yang proses konstruksinya telah dimulai sejak 20 Desember 2018 ini juga akan menjadi media penghubung antara Padang-Bukittinggi

 

Jalan Tol Padang Sicincin adalah bagian dari ruas Tol Padang-Pekanbaru yang nanti akan sambung menyambung dengan Tol Sicincin-Bukittinggi, Tol Bukittinggi-Payakumbuh kemudian berujung pada Tol Riau melalui Tol Payakumbuh-Pangkalan di Provinsi Riau.

 

BACA JUGA:Riau Minta Wings Air Buka Rute Pekanbaru-Jambi-Pelembang, Transit Jakarta Tak Efisien Lagi

BACA JUGA:Nyata Mulut Lucky Hakim Komat Kamit Nyanyi Shalom Aleichem, Panji: Tidak Assalamualaikum Saja

 

Ruas tol Sumbar ini juga merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu mengatakan kecepatan pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini akan sangat tergantung pada dukungan pemerintah daerah (Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kota/Kabupaten terkait) dalam pembebasan lahan yang dilalui ruas tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: