Mengintip Lokasi Gerbang Tol Padang-Pekanbaru yang Rancak Bana

Mengintip Lokasi Gerbang Tol Padang-Pekanbaru yang Rancak Bana

Gerbang Tol Padang-Sicincin yang berada di Jalan Bypass Padang -Foto: Dok Hutama Karya-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mengintip lokasi gerbang tol Padang-Pekanbaru, mungkin belum banyak yang tahu dimana gerbang ini berada.

 

Gerbang Tol Padang-Pekanbaru yang rancak bana (bagus sekali) itu ternyata berada tak jauh dari Bandara Minangkabau.

 

Mari kita intip lokasi gerbang tol ini, jika hendak menuju Gerbang Tol Padang-Pekanbaru dari Kota Padang, pengendara harus melewati dulu flyover di Nagari Duku Batang Anai. Jarak dari flyover ini ke Gerbang Tol Padang-Pekanbaru sekitar 1 kilometer.

 

Pintu Gerbang Tol Padang-Pekanbaru nanti akan berada di jalan bypass Kota Padang.

 

Sungguh rancak bana, saat berada tepat di depan gerbang tol, kita akan langsung disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang hijau.

 

BACA JUGA:Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Masih Diwarnai Gugat Menggugat Pengadilan

BACA JUGA:Onde Mande Rumah Tua Ini Masih Berdiri di Tengah Proyek Tol Padang-Sicincin, 80 Bidang Tanah Belum Tuntas

BACA JUGA:Akan Ada Sensasi Menyalip Kereta Api dari Atas Overpass Tol Padang-Sicincin, Elok dan Estetik

BACA JUGA:Tol Riau Berpeluang Pecah Telur Terkoneksi Duluan, Tol Jambi Sumbar dan Bengkulu Mohon Banyak Sabar

 

Gerbang Tol Padang-Pekanbaru ini sekaligus menjadi titik awal pembangunan jalan tol seksi 1 Tol Padang-Sicincin.

 

Gerbang Padang-Pekanbaru akan jadi pintu masuk dan keluar pengendara yang datang dari arah Pekanbaru, Bangkinang, Pangkalan, Payakumbuh dan dari arah Bukittinggi dan Sicincin hingga sampai di Kota padang

 

Tol Padang-Sicincin sendiri telah dibangun sejak 20 Desember 2018 lalu. Tol ini memiliki main road sepanjang 36 kilometer dan direncanakan memiliki 1 rest area.

 

Tol Padang-Sicincin hingga saat ini Konstruksinya terus dikebut pihak Hutama Karya selaku pengembang.

 

Mengutip dari keterangan Hutama Karya, berbagai tahapan pekerjaan terus dilakukan, mulai dari eletakan timbunan, pelapisan fondasi dasar base A, pelapisan rabat beton (Lean Concrete/LC), perkerasan kaku (rigid pavement), membangun struktur bawah jembatan hingga dan box traffic hingga pekerjaan akhirnya.

 

Jalan Tol Padang Sicincin ini menerapkan inovasi full displacement column yaitu metode perbaikan tanah lunak agar tidak perlu waktu tunggu untuk konsolidasi tanah eksisting.

 

Agar proyek jalan tol Padang-Sicincin bisa selesai tepat mutu dan waktu, PT Hutama Karya (Persero) selaku pengembang akan menerapkan metode digitalisasi konstruksi.

 

Direktur Operasi III Koentjoro dalam keterangan resminya dikutip Jambi Ekspres, mengatakan bahwa implementasi digitalisasi konstruksi akan dilakukan pada perbaikan tanah lunak maupun perlindungan lereng galian dalam yang ada di sepanjang Tol Padang-Sicincin.

 

Tol Padang-Sicincin juga akan jadi jalan tol paling menarik karena menyuguhkan pesona perbukitan nan estetik.

 

Apalagi Hutama Karya mengusung konsep konstruksi berwawasan lingkungan untuk tol ini, salah satunya dengan melakukan penghijauan di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan tol Padang-Sicincin.

 

Pengerjaan Tol Padang-Sicincin juga akan terus digenjot. Hutama menargetkan Tol Padang-Sicincin ini akan selesai pada triwulan II tahun 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: