Lebaran 2024 Naik Tol Padang-Sicincin, Mudik ke Sumbar 'Indak' Macet Lagi. Ini Progresnya

Lebaran 2024 Naik Tol Padang-Sicincin, Mudik ke Sumbar 'Indak' Macet Lagi. Ini Progresnya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merilis beberapa ruas jalan tol yang bisa ditempuh untuk mudik Lebaran 2023 ini.-Dok BPJT-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sumbar akan punya solusi baru dalam mengurai kemacetan yang selalu terjadi setiap Lebaran tiba. 

Salah satunya adalah dengan beroperasinya Tol Padang - Sicincin. Tol Padang-Sicincin merupakan salah satu seksi pada ruas tol Pekanbaru-Padang. 

 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit bahkan telah melakukan kunjungan langsung untuk mengecek pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang pada Seksi Padang - Sicincin.

 

Kata Danang, hingga saat ini untuk Seksi Tol Padang - Sicincin sepanjang 36,6 Kilometer progres konstruksinya sudah mencapai 32,11 persen. 

 

Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Padang - Sicincin kini telah selesai sepanjang 4 Km.

 

Berikutnya PT Hutama Karya (Persero) selaku pengembang kata Danang akan melanjutkan sampai ke Kilometer 36. 

 

Terkait lahan, sejauh ini progres pembebasan lahannya sudah hampir 84,58 persen. 

 

Tahun 2024 jalan tol ini ditargetkan bisa selesai konstruksinya dan sudah bisa digunakan masyarakat.

 

Tol Padang - Sicincin diharapkan bisa mengurai kemacetan lalu lintas kendaraan pada jalan non tol yang kerap terjadi pada saat hari libur maupun mudik lebaran maupun natal dan tahun baru berlangsung, sehingga mudik "indak' macet lagi.

 

Kehadiran Jalan Tol Padang - Sicincin sejak awal memang dirancang untuk mempermudah akses kendaraan dari dan menuju Provinsi Sumatera Barat didukung dengan beragam wisata yang menarik melalui budaya dan pesona alamnya.

 

Selain itu, tol Padang - Sicincin diharapkan bisa semakin memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa antar wilayah dalam meningkatkan perekonomian di Provinsi Sumbar. 

 

Kehadiran tol ini juga ditargetkan bisa berdampak pada pembukaan lapangan kerja baru.

 

Dikatakan Danang, sekarang kegiatan di lapangan terus berjalan aktif, terutama untuk kesiapan lahannya dan selanjutnya terus dilanjutkan konstruksi. 

 

Pembangunan ruas tol ini juga harus terlaksana dengan baik dengan menghasilkan kualitas yang prima dan dapat segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

"Mudah-mudahan harapan kita pada periode mudik lebaran tahun 2024 mendatang Jalan Tol ini dapat dimanfaatkan masyarakat secara fungsional," kata Danang. 

 

Danang juga menegaskan, pertama selama pembangunan Jalan Tol Padang - Sicincin ini para pekerja agar terus fokus terhadap kualitas dari Jalan Tol yang menjadi prioritas utama, kemudian yang kedua adalah memperhatikan nilai estetika dengan landscaping yang bagus.

 

"Kemudian yang ketiga yakni sesuai arahan bapak Menteri PUPR adalah harus tetap menjaga dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan sekitarnya," tegas Danang.

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kata Danang akan terus berupaya mendorong penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan tersambung dari Provinsi Lampung hingga Aceh untuk mendukung kelancaran konektivitas bagi masyarakat di Pulau Sumatera. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: