Mantan Wapres Yusuf Kalla Mendarat di Kerinci Pantau Progres Evakuasi Kapolda

Mantan Wapres Yusuf Kalla Mendarat di Kerinci Pantau Progres Evakuasi Kapolda

Wapres Yusuf Kalla bertolak ke Kerinci dan langsung menuju posko di Batang Merangin Kerinci--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mantan Wapres RI Jusuf Kalla yang tiba di Kerinci pagi ini (20/2) untuk mengunjungi PLTA Kerinci, menunjukkan kepeduliannya dengan tragedi yang menimpa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono.

 

Begitu sampai di bandara Depati Parbo, Kerinci, JK bersama rombongan langsung menuju ke posko di Kecamatan Batang Merangin.

 

Di bandara, JK disambut oleh beberapa pejabat. Juga ada Kadis Ketahanan Pangan Pemprov Jambi Asraf.

‘’Begitu sampai di bandara, beliau (JK, red) langsung menuju ke posko di Kantor Camat Batang Merangin,’’ ujar Asraf.

 

Menurutnya, setelah melihat progres evakuasi di kantor camat Batang Merangin, JK akan langsung menuju PLTA.

 

‘’Sekarang kami baru sampai di Sanggaran Agung,’’ ujar Asraf sekitar pukul 08.50 Wib.

 

Sebelumnya, tim berhasil menemukan rombongan Kapolda sekitar pukul 06.50 Wib.

 

‘’Alhamdulillah, update terbaru pagi ini, tim dari Polda Sumsel sudah menemukan lokasi rombongan Pak Kapolda dan sudah berhasil menurunkan logistik,’’ katanya.

 

Namun demikian, katanya, tim belum bisa melakukan evakuasi karena menunggu heli dari Baharkam Polri untuk kemudian sama-sama melakukan evakuasi.

 

Sementara itu, terkait kondisi Kapolda dan rombongan, Kabid Humas menjelaskan, semua dalam kondisi sadar.

 

BACA JUGA:Heli Kapolda Jambi Jatuh di Kawasan Si Hijau, Hutan Mistis di Mata Warga Tamiai Karena Pernah Ada Kejadian ini

 

‘’Kondisi sadar semua, tadi sudah komunikasi melalui HT. Tim kesehatan menyusul nanti diturunkan ke lokasi menggunakan helikopter yang lain,’’ katanya.

 

Seperti diketahui, helikopter Bell 412 SP milik Polda Jambi dengan nomor registrasi P-3001 yang ditumpangi oleh Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono bersama rombongan mendarat darurat di titik Koordinat S20 9’ 3.53’‘ E1010 42’ 12.63’‘ tepatnya Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

 

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab helikopter itu mendarat darurat di tengah hutan Tamiai itu. Namun demikian, dipastikan, Kapolda beserta rombongan selamat dari tragedi itu. 

 

BACA JUGA:Dua Hari Dua Malam, Mampukah Kapolda Jambi Bertahan di Hutan? Ini Penjelasan Dokter

 

Satu unit helikopter bantuan evakuasi dari Polda Sumatera Selatan serta tim gabungan dari Brimob dan SAR diberangkatkan ke lokasi tempat helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan rombongan mendarat darurat.

 

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan, helikopter ini membawa logistik atau pembekalan yang nantinya akan mendarat di dekat titik lokasi.

 

"Apabila nanti bisa mencapai di dekat titik lokasi, akan kita turunkan di dekat lokasi," tuturnya.

Tak hanya helikopter dari Polda Sumatera Selatan, dari PT WKS juga menurunkan sebanyak dua unit helikopter untuk diberangkatkan ke lokasi kejadian.

 

Helikopter PT WKS ini membawa tim bantuan yang akan diterjunkan ke lokasi, menempuh jalur darat dan jalur udara untuk melakukan evakuasi terhadap Kapolda Jambi bersama rombongan.

 

BACA JUGA:6 Helikopter Gagal Evakuasi Kapolda Jambi di Hari Kedua, Polri Siapkan Pesawat untuk ke Jakarta

 

BACA JUGA:Kapolri Listyo Sigit ke Jambi Selasa Siang, Polda Jambi Optimis Proses Evakuasi Hari Ketiga Berjalan Lancar

 

"Helikopter bantuan dari PT WKS ini membawa bantuan Personel gabungan dari Brimob dan Basarnas Jambi. Kalau cuaca bagus maka bisa lewat jalur udara, namun informasi terkini di tempat kejadian sedang turun hujan," jelas Mulia. (pas)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: