Badan Kesbangpol Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Kota Sungai Penuh

Badan Kesbangpol Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Kota Sungai Penuh

Badan Kesbangpol Provinsi Jambi menggelar sosialisasi di Kota Sungai Penuh--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan pemahaman akan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Jambi, Selasa (29/11) menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik Tahun 2022 dengan tema Penguatan Peran Tokoh Masyarakat Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024 bertempat di Aula Kantor Walikota Sungai Penuh. 


Foto bersama--

Dalam sambutannya, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, H. Mukti,SE,ME., yang diwakili Kepala Bidang Partisipasi Politik, Drs . H. Suwardi,Dpt., menjelaskan kegiatan ini penting dilaksanakan gun memberikan pendidikan tata cara berpolitik yang baik dan benar sesuai dengan undang-undang yang berlaku, mengingat kondisi bangsa Indonesia yang masih dalam masa transisi menuju sistem politik yang demokratis.


Walikota Sungai Penuh, Drs. Ahmadi Zubir, MM.,--

"Untuk itu penting sekali, apalagi tokoh masyarakat memiliki peran penting dalam memberikan informasi kepada masyatakat luas, sehingga kita harapkan dengan pahamnya tokoh masyarakat akan politik berdampak lebih kepada masyarakat luas tentang politik, partai politik dan tata cara berpolitik yang benar," kata Kepala Bidang Partisipasi Politik, Drs . H. Suwardi,Dpt.


Kepala Bidang Partisipasi Politik, Drs . H. Suwardi,Dpt.--

Kegiatan dibuka langsung Walikota Sungai Penuh, Drs. Ahmadi Zubir, MM., bersama Kaban Kesbangpol Sungai Penuh dan Ketua KPU Kota Sungai Penuh. Dalam sambutan, Walikota Sungai Penuh sangat mengapresiasi kepada Bankesbangpol Provinsi Jambi yang telah menginisiasi kegiatan sosialisasi di Kota Sungai Penuh. 


Peserta Sosialisasi--

"Saya harap melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komferhensif tentang peran serta tokoh masyarakat dalam mendorong sukses dan lancarnya pelaksanaan agenda besar Pemilu dan Pemilukada mendatang, terutama sekali di Kota Sungai Penuh," tegas Walikota Sungai Penuh. 

Kegiatan ini juga sebagai sarana ntuk menguatkan karakter dan kemandirian masyarakat dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Dimana Indonesia menganut sistem demokrasi, dari rakyat untuk rakyat, memiliki agenda politik setiap 5 tahun sekali yakni Pemilu, dimana Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat dalam menyalurkan hak politiknya.


Kepala Bidang Partisipasi Politik, Walikota Sungai Penuh, Kaban Kesbangpol Kota Sungai Penuh dan Ketua KPU Kota Sungai Penuh--

Di samping itu, Pemilu juga merupakan sarana bagi pemimpin untuk memperoleh legitimasi dari masyarakat dan sarana melakukan proses pergantian kepemimpin secara konstitusional. Tahun 2024 akan dilaksanakan dua agenda pesta demokrasi, yakni pemilihan DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Pemilihan Presiden. Kemudian pemilihan gubernur dan bupati/walikota.

Untuk itu partisipasi pemilih sangat menentukan dalam proses pemilihan pemimpin tahun 2024 mendatang. Masyarakat memiliki andil penting dimana kedaulatan rakyat dimanifestasikan dalam partisipasi masyarakat. Masa depan demokrasi Indonesia ada di tangan pemilihan. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: