MPRJ Sukses Laksanakan Lomba Bercerita dan Melukis Media Daur Ulang Tinkat SD

MPRJ Sukses Laksanakan Lomba Bercerita dan Melukis Media Daur Ulang Tinkat SD

Penampilan salah satu peserta lomba bercerita tingkat SD--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) melangsungkan Lomba Bercerita dan Melukis Media Daur Ulang tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kota Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 14 Oktober 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Museum Indonesia dan juga untuk meningkatkan kecintaan siswa SD terhadap museum.


Peserta yang mengikuti Lomba melukis media daur ulang--

Melalui kegiatan lomba bercerita tingkat SD diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa untuk  mengenal cerita rakyat di Jambi serta tokoh-tokoh tauladan dalam kisah yang diceritakan oleh siswa yang tampil bercerita. Terdapat sebanyak 100 orang siswa yang mengikuti lomba bercerita yang dilaksanakan oleh MPRJ ini. Sedangkan untuk lomba melukis media daur ulang tingkat SD juga diikuti oleh 100 orang siswa SD.  

Kasi Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjei, Rimala Isma, S.Sn, M.Sn mengatakan, dengan mengajak siswa berkunjung ke museum, merupakan sebuah pengalaman belajar berbeda yang dapat dijadikan alternatif pembelajaran. Berbagai peninggalan yang ada dalam museum masih relevan sebagai bukti sejarah dan menunjang pembelajaran jauh lebih baik. Hal itulah yang harus dijaga di masa depan supaya anak tetap mengetahui kisah asli perjuangan bangsanya. “Melalui lomba yang dilaksanakan ini kita harapkan anak SD dapat semakin cinta terhadap museum, sehingga dapat terus meningkatkan kunjungan ke museum,” ujarnya. 


Peserta yang mengikuti Lomba bercerita tingkat SD--

Dengan berkunjung ke museum akan menambah wawasan, pengetahuan, dan informasi baru, anak-anak dapat melihat secara lebih nyata mengenai berbagai pengetahuan yang diajarkan di sekolah, karena di museum semuanya diperlihatkan secara visual. Sehingga, mereka mendapat pemahaman lebih dan pengalaman belajar yang lebih mengasyikkan.


Juri saat melakukan penilaian hasil lomba melukis media daur ulang--

Bagi siswa yang mengikuti Lomba Bercerita dan Melukis Media Daur Ulang tingkat Sekolah Dasar (SD) di MPRJ ini, panitia menyediakan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan yang akan diserahkan pada tanggal 20 Oktober 2022. Adapun pemenang lomba bercerita yaitu juara 1 diraih oleh Maude Prudence Putri dari SD Xaverius 2, juara 2 diraih oleh Nazma Laila Azzahro dari SD Islam Al Falah, juara 3 diraih oleh oleh Audrey Laudsicha Gisela dari SD Xaverius 2. Untuk juara harapan 1 diraih oleh Evelyn Chleo Sinaga dari SD Bina Kasih, juara harapan 2 diraih oleh Kayyisha Putri Pasaribu dari SDN 15 Kota Jambi, dan juara harapan 3 diraih oleh Zaskia Periska dari SDN 26 Kota Jambi.


Juri melakukan penilaian lomba bercerita tingkat SD--

Untuk pemenang lomba Melukis Media Daur Ulang yaitu juara 1 diraih oleh Laurencia Yutta Sandy dari SD Sari Putra, juara 2 diraih oleh Aurelya Putri Yoju dari SD Xaverius dan juara 3 diraih oleh Justine Delivo Jhoharlya dari SD Unggul Sakti. Sedangkan untuk juara harapan 1 diraih oleh Evelynne. PG dari SD Bina Kasih, juara harapan 2 diraih oleh Audrey L.G dri SD Xaverius 2 dan juara harapan 3 diraih oleh Adania Tarisa Putri dari SD Adhiyaksa. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: