MPRJ Gelar Seminar Kajian Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan dan Bela Negara Pada Masa Kini

MPRJ Gelar Seminar Kajian Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan dan Bela Negara Pada Masa Kini

Narasumber dan mederator saat kegiatan Seminar Kajian Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan dan Bela Negara Pada Masa Kini--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Di Indonesia peran pemuda tidak diragukan lagi karena sudah ada dari sejak zaman perjuangan seperti adanya sumpah pemuda sebagai bukti bahwa peran pemuda sangat diperlukan dalam perjuangan.

Pemuda umumnya digambarkan dengan sosok yang memiliki fisik yang kuat, memiliki pemikiran yang inovatif dan juga ide-ide kreatif, dan hal itu adalah salah satu faktor yang menjadikan pemuda memiliki peran penting dalam memajukan bangsa.

Pada masa kini peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dan bela negara dapat dimulai dengan pemuda sebagai agen perubahan, yakni pemuda ikut andil dalam perubahan-perubahan dalam masyarakat dan ikut serta mendukung perubahan tersebut baik secara nasional maupun daerah, demi menjadikan masyarakat yang lebih baik lagi.


Salah seorang peserta seminar bertanya kepada narasumber--

Melihat pentingnya peran pemuda dalam kehidupan bermasyarakat tersebut, Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) mengadakan 'Seminar Kajian Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan dan Bela Negara Pada Masa Kini'. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada Rabu (22/11/2023) di ruang Aula MPRJ dengan melibatkan organisasi pemuda dan Guru SMA se-Kota Jambi sebanyak 80 orang.


Kadis Budpar Provinsi Jambi, Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si saat menyampaikan materi--

Dalam kegiatan seminar ini menghadirkan pemateri yaitu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si; Sekdin Kesbangpol Provinsi Jambi, Eva Masita, SH, M.Si; dan Pamong Budaya Madya di Museum Siginjei, Drs. Mhd. Erman.

Kadis Budpar Provinsi Jambi, Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si mengatakan, selain sebagai agen perubahan, pemuda juga berperan sebagai agen pembangunan yang sangat berperan penting dalam pembangunan di negara ini dalam segala aspek. Selain pembangunan secara infrastruktur, pemuda juga bertanggung jawab dalam hal pembangunan potensi dan produktifitas dari generasi-generasi selanjutnya. "Pemuda juga sebagai agen pembaharuan yang diharapkan memiliki kemampuan menganalisa perubahan zaman, sehingga dapat memilih mana yang perlu dipertahankan dan yang perlu di ubah. Diharapkan pemuda kita dapat berjalan di jalan yang benar, dan tidak melupakan jati diri bangsa," ungkapnya.


Peserta yang mengikuti kegiatan seminar--

Para pahlawan telah memberikan kemerdekaan sebagai hadiah yang harus dihargai dan dicintai. Karena demikian, keselamatan bangsa ini sepenuhnya adalah tanggung jawab bersama, sebagai generasi muda memiliki tanggung jawab yang besar terhadap bangsa ini, karena pemuda adalah kunci utama suksesnya dan majunya sebuah negara.


Penyerahan dooprize kepada salah seorang peserta seminar oleh Kadis Budpar Provinsi Jambi--

Generasi muda yang cerdas dan berkarakter, dengan menumbuhkan nilai kepahlawanan dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi bagi generasi muda untuk diteladani dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan menumbuhkan nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan akan melahirkan generasi muda Indonesia yang berkualitas, bermentalitas, dan berintegritas sehingga bisa membawa negeri ini ke arah yang lebih baik untuk kemajuan di masa mendatang," imbuh Imron Rosyadi. (mg9/*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: