Single ‘Kamu Bohong’ WALI Terinspirasi Kasus Ferdy Sambo? Ini Jawabannya

Single ‘Kamu Bohong’ WALI Terinspirasi Kasus Ferdy Sambo? Ini Jawabannya

Group Band WALI. Foto : tangkap layar IG @bandwaliofficial--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Grup musik WALI kembali merilis single terbaru berjudul Kamu Bohong. Lagu ini secara resmi dirilis beberapa hari lalu, dipersembahkan secara khusus untuk para penggemar dan penikmat musik di tanah air.

Lagunya diciptakan oleh Apoy. Demi lagu ‘Kamu Bohong’, WALI rela keluar dari pakem bermusiknya. Lagu seperti ini disebut belum pernah dibuat oleh grup musik dengan personel Apoy (gitar), Faank (vokal), Ovie (keyboard), dan Tomi (drum) tersebut.

“Sebenarnya konsep musiknya masih WALI juga. Cuma kental dengan slow Melayu 80 atau 90 an. Tidak upbeat, mendayu-dayu, passing-passing beat-nya juga lamban. WALI sebelumnya tidak pernah membuat seperti ini,” tutur Apoy dalam keterangannya, Senin (5/9).

Lirik lagu ‘Kamu Bohong’ menceritakan tentang suatu kejadian yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Pelakunya siapa tapi kemudian siapa yang menjadi korban atau dikorbankan. Lebih jelasnya, ada yang selingkuh tapi orang lain yang dituduh menjalani perselingkuhan.

“Seperti orang yang melakukan playing victim. Sebelumnya, lagu-lagu WALI itu lebih mengarah kepada frase-frase yang positif. Bagaimana cinta berbalas cinta, suka berbalas suka. Tapi kali ini kami mencoba memberikan dinamika baru dalam frase-frase WALI, yaitu suka tidak berbalas suka. Ada berbau negatifnya. Cinta tidak berbalas cinta,” tutur Apoy.

Dari judul lagu dan liriknya yang demikian, banyak pertanyaan muncul apakah WALI terinspirasi kasus yang menjerat Irjen Ferdy Sambo (FS) sehingga tercipta lagu ‘Kamu Bohong’ ini? Terkait hal tersebut, WALI mengaku sudah mempersiapkan lagu ini sejak lama.

WALI pun tidak peduli kalaupun ada orang yang memersepsikan lagu ini dengan kasus yang sedang viral beberapa waktu belakangan. “Kalau ada yang menghubung-hubungkan dengan kejadian heboh saat ini, monggo saja. Yang penting kami tidak pernah mau ikut-ikutan sesuatu hal yang kami tidak paham. Ada orang lain yang lebih paham soal itu. Sangat kebetulan saja kami mengeluarkan lagu ini dan bisa dikaitkan dengan kejadian menghebohkan sekarang,” katanya.

Yang pasti, lewat single ‘Kamu Bohong’, WALI ingin mencoba memotret kejadian-kejadian nyata dalam hubungan antar-manusia. Apoy berharap lagu ini dapat memberikan pesan edukasi.

“Intinya kebohongan itu adalah akar dari segala dosa. Tolong jangan sekali-kali berbohong karena nantinya akan diikuti oleh kebohongan berikutnya. Pahami, akar rumput dosa itu adalah bohong. Ini untuk individu, baik mikro, makro, atau kolektif,” tambahnya.

Beberapa tahun belakangan, lagu berirama Melayu naik dan viral di media sosial. WALI yang dianggap orang-orang memiliki sentuhan Melayu dalam musiknya mengaku senang sekali atas naiknya lagu-lagu Melayu. Sehingga, pemilik album Orang Bilang menghadirkan lagu dengan sentuhan slow Melayu era 80-an dan 90-an.

“Apapun persepsi orang tentang Melayu, ada kebanggaan di situ karena Indonesia rasnya Melayu,” lata Apoy yang merupakan Gitaris Terbaik versi SCTV Awards 2014. (jawapos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: