Sebelum Makam Dibongkar Pendeta Akan Memimpin Doa untuk Brigadir J

Sebelum Makam Dibongkar Pendeta Akan Memimpin Doa untuk Brigadir J

Sehari jelang autopsi ulang terlihat Ayah Brigadir Yosua dan keluarga di rumah kediamannya dengan berbagai persiapan. Foto : M Ridwan/Jambi Ekspres)--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Makam Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J besok mulai dibongkar. Autopsi ulang juga telah disiapkan dengan matang.

Pantauan Jambi Ekspres di lokasi Selasa (26/7), aktivitas terlihat mulai sibuk. Dari lokasi pemakaman, rumah sakit, hingga pemetaan posisi media, warga yang ingin melihat, serta posisi anggota keluarga, semua sedang di atur hari ini. 


Petugas kepolisian memasang line untuk pembatas dalam proses pembongkaran makan Brigadir J, besok (27/7). Foto : M Ridwan/Jambi Ekspres)--

Tente Brigadir J, Roslin Simanjuntak kepada Jambi Ekspres mengatakan, Pada saat autopsi dilakukan, batas pengamanan hanya bisa dimasuki oleh petugas terkait, pihak kepolisian dan beberapa perwakilan keluarga Brigadir J.

Kemudian, sebelum makam dibongkar, pendeta akan memimpin doa terlebih dahulu untuk Brigadir J. 

Beberapa proses juga melibatkan keluarga, mulai dari penggalian makam, pengangkatan peti hingga membawa jenazah.

Semua proses dikatakan Roslin di bawah pengawasan keluarga juga. Termasuk pengamanan.

Meski banyak anggota kepolisian, penjagaan dari Pemuda Batak Bersatu (PBB) tetap dimaksimalkan, mereka kata Roslin adalah oang-orang yang telah ditunjuk dan dipercaya oleh keluarga untuk terlibat dalam autopsi besok. 

Dari pantauan Jambi Ekspres, polisi telah memperluas area pengamanan makam Brigadir J di TPU Kristen Desa Suka Makmur, Sungai Bahar. 

Sehari sebelum autopsi dilaksanakan, belasan polisi juga terlihat mendatangi makam Brigadir J untuk memberikan batas pengaman, juga turut didampingi oleh pihak keluarga.

Roslin Simanjuntak berharap proses autopsi ini bisa transparan, terbuka dan tidak ada yang ditutupi. Apalagi pihak keluarga akan dilibatkan langsung saat pembukaan makam hingga autopsi dilakukan.

Sementara itu  Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko Soenarso mengatakan, akan diturunkan 358 personel untuk mengamankan proses autopsi ulang jenazah Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J, di Kecamatan Sungai Bahar Muaro Jambi Rabu (27/7).

"Sebagian harus sudah di lokasi dan ada sebagian melaksanakan apel pagi di jajaran Polres," tambah Karo Ops.

 

Pihak Kepolisian katanya akan mengamankan sejumlah tempat seperti di rumah duka, pemakaman, rumah sakit dan tempat lain yang perlu diamankan.

 

"Intinya kita mengamankan, memfasilitasi kegiatan dari penyidik Bareskrim Polri maupun kegiatan dari forensik kedokteran supaya berjalan lancar dan aman," tuturnya.

 

Lebih lanjut, Feri menambahkan, pihaknya akan membatasi segala hal yang tidak berkepentingan.

 

"Yang tidak berkepentingan nanti kita batasi, kalau tidak dibatasi takutnya mengganggu karena kita mau secepatnya selesai," tandasnya. 

 

Diketahui, autopsi ulang jenazah Brigadir J akan dilakukan pada Rabu (27/7 di RSUD Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi.

 

"Sementara ini kita turunkan 358 orang ya, itu gabungan dari Polda Jambi dan Polres Muaro Jambi," ujarnya.Apel akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB pagi.

 

Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo pada Minggu (24/7) juga telah mengecek kesiapan di Sungai Bahar 

"Tadi saya sudah bertemu langsung dengan Kepala Rumah Sakit Daerah Sungai Bahar dan mengecek seluruh lokasi dan persiapan ruangan, semua sudah tersedia dengan baik," ujar Kapolda.

Ia juga memastikan seluruh persiapan keamanan juga sudah berjalan.

"Personel pengamanan akan segera dipersiapkan. Lokasi-lokasi untuk rekan media juga telah kita persiapkan agar tidak menghalangi seluruh proses yang berjalan," jelasnya.(aiz/rio) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: